Apical Resmikan Pembangunan Pabrik Minyak Nabati di Sumatera Barat

Pembangunan pabrik Apical sejalan dengan agenda Pemerintah Republik Indonesia untuk mempromosikan hilirisasi minyak kelapa sawit

NASIONAL, Padang640 Dilihat

PADANG, SINKAP.infoPerusahaan pengolah minyak nabati terkemuka, mengadakan upacara peletakan batu pertama untuk pembangunan dua pabrik baru di PT Padang Raya Cakrawala (PRC). Acara ini menandai dimulainya pembangunan pabrik penyulingan minyak kelapa sawit mentah (CPO) dan pabrik fraksionasi untuk produksi minyak goreng di Kota Padang, Sumatera Barat, Indonesia pada Kamis (04/07/2024) lalu.

Pabrik-pabrik baru ini diharapkan selesai pada tahun 2025. Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, bersama Direktur Sosial, Keamanan, dan Izin Apical, Gunawan Sumargo, menghadiri peresmian ini. Ekspansi ini dianggap sebagai pencapaian besar, baik untuk Apical maupun bagi Sumatera Barat. Pabrik penyulingan tersebut akan memiliki kapasitas mengolah hingga 3.500 metrik ton (MT) CPO per hari, sedangkan pabrik fraksionasi akan mampu memproduksi 3.000 MT minyak goreng per hari.

“Kami mengapresiasi investasi Apical di Padang. Kami berharap langkah ini akan membuka lebih banyak peluang kerja bagi masyarakat Sumatera Barat dan memastikan pasokan minyak goreng yang stabil di daerah ini,” ujar Mahyeldi dalam sambutannya.

MENARIK DIBACA:  Kapolri: Saya Apresiasi Inovasi Polda dan Forkopimda Riau Cegah dan Atasi Karhutla

Gunawan Sumargo menambahkan, pembangunan pabrik baru ini merupakan bagian dari tahap ketiga ekspansi kami yang dimulai pada tahun 2019. Dengan tambahan ini, kapasitas penyulingan CPO di PT PRC akan meningkat menjadi 7.000 MT per hari, sementara kapasitas fraksionasi minyak goreng akan mencapai 5.900 MT per hari.

Keputusan Apical untuk menambah pabrik fraksionasi minyak goreng mencerminkan komitmennya dalam mengembangkan bisnis hilirnya, sejalan dengan agenda Pemerintah Republik Indonesia untuk mempromosikan hilirisasi minyak kelapa sawit. Langkah ini memperkuat peran Apical sebagai pemain kunci dalam industri minyak kelapa sawit nasional.

PT Padang Raya Cakrawala saat ini adalah penyulingan minyak kelapa sawit terbesar di Padang dan mampu memproduksi berbagai produk seperti olein sawit, stearin, biodiesel, dan asam lemak. Penyulingan ini memiliki kapasitas sebesar 1,2 juta MT per tahun, yang akan meningkat menjadi 2,4 juta MT setelah ekspansi selesai. Lokasi strategis di Sumatera Barat memungkinkan fasilitas yang diperluas ini untuk memenuhi permintaan domestik dan pasar internasional di Timur Tengah, Afrika, dan kawasan anak benua India.

MENARIK DIBACA:  Rakernas 2024 Prima DMI Perkuat Peran Remaja Masjid Menuju Generasi Emas Indonesia

Tentang Apical
Apical adalah salah satu perusahaan pengolah minyak nabati terkemuka di dunia, dengan jejak global yang terus berkembang. Integrasi vertikal di seluruh rantai pasokan dan pengolahan hilir bernilai tambah menjadikan Apical sebagai pemasok penting bagi berbagai industri, termasuk makanan, pakan, oleokimia, dan bahan bakar terbarukan seperti Sustainable Aviation Fuel (SAF) yang mendukung pengurangan emisi CO2 secara signifikan.

Dengan aset terintegrasi di Indonesia, China, dan Spanyol, Apical mengoperasikan sejumlah penyulingan, pabrik oleokimia, pabrik bahan bakar terbarukan, dan fasilitas penghancuran inti. Melalui usaha patungan dan kemitraan strategis, Apical juga memiliki operasi pengolahan dan distribusi di Brasil, India, Pakistan, Filipina, Timur Tengah, Afrika, Amerika Serikat, dan Vietnam.

Apical terus bertumbuh dengan fondasi keberlanjutan dan transparansi, serta berkomitmen untuk berkontribusi pada ekonomi sirkular, sambil tetap mengembangkan bisnisnya dan menyediakan solusi inovatif bagi pelanggannya.

Komentar