Beranda Redaksi

Redaksi

PENERBIT:

PENGESAHAN: Kep Menkumham RI
AKTA NOTARIS: Husnalita, S.H, M.Kn
NOMOR : AHU-0050540.AH.01.01.TAHUN 2019

NPWP : 93.040.259.9-219.000

KOMISARIS UTAMA : Ns. Maghfaruddin, M.Si
DIREKTUR UTAMA    : Sufridaus, S.Sy
DEWAN PENASIHAT Mahfudh – M Yusuf
ADVOKAT HUKUM  DR. M. Nurul Huda, SH MH
OMBUSDMAN         : A. Kasim

KONSULTAN HUKUM :
DR. M Nurul Huda, SH MH – Satriadi, SH MH – Al Zukri, SH

Pemimpin Perusahaan : Hafizul A Rambe, Amd
Manager Keuangan : Rokimin, S.E
Manager Marketing : Solihin

Pemimpin Redaksi : A Kasem, S.Ag (UKW Utama)
Wakil Pemimpin Redaksi : Sarwan Kelana, S.Ud
Redaktur Pelaksana : Makholish, S.Pd
Koordinator Liputan : Padhil Alwi, SHi

Distributor Liputan : Humairo
Promosi & Iklan : ILham Syaputra

Design & Layout: Satria Afandi
Admin: Syaidatul Fitria, Amd.T
Editor: Tim Redaksi

REKENING PERUSAHAAN:
Bank MANDIRI     : 172-00-0216005-1
Bank RIAU KEPRI : 10-50-80097-6
an. PT SINKAP MEDIA KHATULISTIWA
KONTRIBUTOR DAERAH :

Provinsi D.I Aceh :
Kabupaten Pidie: (KaBiro) Junaidi

Provinsi D.I Yogyakarta
Koordinator Wilayah: Andre Hariyanto

Provinsi Jawa Tengah:
Purworejo: (KaBiro) Rahmat Riyanto, S. Sy — Kebumen: (KaBiro) Lukman Baihaqi, S. Sy — Wonosobo: (KaBiro) Giyono, SHI — Magelang: waiting — Temanggung: waiting — Banyumas: waiting

Provinsi Kepulauan Riau :
Koordinator Wilayah Kepri: Suharno
Batam: (KaBiro) Hamdani — Balai Karimun: (KaBiro) Wrachma Rachaldi Adji, (Reporter) Bahri Jamal

Provinsi Riau :
Kota Pekanbaru: (KaBiro) Sarwan (Reporter) Alvin, <Otomotif> Mahendra Joe, S.IP, M.Si Kota Dumai: (KaBiro/Jurnalis) Tipen Setiawan — Bengkalis: (KaBiro) M Fahrurrozi, (Reporter) Andhika — Siak: Fahrul Zaman, S.Pd (Kabiro) Tembilahan: (KaBiro) Muhammad Reki, (Reporter) Muhji  Rengat: dicari Kep. Meranti: (KaBiro) Makholish, S.Pd, (Reporter) Mhd. Mansur — Kampar: dicari — Kuansing: waiting – Pasir Pengaraian: dicari —  Bagan siapi: dicari — Pelalawan: dicari

Provinsi Sulawesi tengah:
Koordinator Wilayah: Muhamad Ramdan

Provinsi Sulawesi tenggara:
Koordinator Wilayah: Budi Handranata
Pusnawir (Reporter) — La Ode Muhammad Azlan (Reporter)

Provinsi Sumatera Utara :
Koordinator Wilayah: Faisal, S.Sos
Labuhanbatu: (Kabiro) Faisal — Pematangsiantar: (KaBiro) Gomgom T Maruli Siahaan, (Reporter) M Fadhlan Nasution, M Ichsan Hasibuan — Simalungun: (KaBiro) Hamdan Nasution — Asahan: (Kabiro) Heri Pazli, (Reporter) Saprijal Marpaung

Provinsi Sumatera Selatan :
Kabupaten Ogan Kumering Ulu: (KaBiro) Firman Arwan (Reporter) Umar Wira Hadi Kusuma

Kontributor:
Tengku Hazruin, Humas Polres, Humaspro, Dr. Elviriadi,

ALAMAT REDAKSI DAN PERUSAHAAN: 

Kantor Utama: Jalan Dorak, Kelurahan Selatpanjang timur-Kepulauan Meranti
HP: +62 853 2995 4700 atau +62 822 8873 3933
e-Mail: sinkapinfo@yahoo.com

Kantor Cabang:
Sumatera utara:
Jalan Nangka No. 17 Kel. Lesatari  indah kec. Siantar kab. Simalungun
HP: +62 8527 6484 334

Pekanbaru: Jl. Singgalang, No. 07 Tenayan Raya – Pekanbaru
HP: +62 812 7540 3170

NB: Seluruh Team & Wartawan SINKAP dilengkapi kartu identitas yakni Kartu Pers dan nama tim reporter tercantum dalam Books Redaksi sinkap.info. Wartawan SINKAP tidak dibenarkan meminta imbalan apapun dalam pemberitaan kepada narasumber.

PENGUMUMAN REDAKSI :
Diberitahukan kepada Instansi Pemerintah, TNI, Polri, BUMN, BUMD, Swasta, dan Masyarakat bahwa, Keredaksian dan Wartawan Portal Media Online sinkap.info namanya ada tercantum di Books Redaksi dan Memiliki Surat Tugas serta Kartu Pers Yang Masih Aktif Masa Berlakunya.

Apabila Namanya Tidak Ada Tercantum Dalam Box Redaksi, Maka Nama Tersebut Bukan Perwakilan/Biro/Wartawan Portal Media Online sinkap.info. Meskipun nama tersebut memegang/memiliki Kartu Pers Portal Media Online sinkap.info.

Barang siapa yang menemukannya, agar segera melaporkan kepada kami atau kepada pihak yang berwajib terdekat.

Kami mempersilahkan pengelola media massa, baik cetak maupun elektronik mengutip berita teks maupun berita foto dari situs ini, dengan syarat menyebutkan sumber berita dengan menuliskan sinkap.info tidak dilakukan penyingkatan skp atau si dan sebagainya. Bagi media yang mengutip berita dari situs ini tanpa menyebut sumber berita, redaksi akan menyampaikan somasi dan melakukan penuntutan secara hukum tentang hak cipta.

Redaksi menerima sumbangan tulisan atau artikel. Tulisan diketik rapi dan dilengkapi identitas pengirim. Tulisan dalam format notepad, bukan microsoft word kirim ke email redaksi: sinkapinfo@yahoo.com Redaksi berhak menyunting isi tulisan tanpa mengubah maknanya.

UU PERS No.40 Tahun 1999

Pasal 28 Undang-undang Dasar 1945 menjamin kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan. Pers yang meliputi media cetak, media elektronik dan media lainnya merupakan salah satu sarana untuk mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan tersebut. Agar pers berfungsi secara maksimal sebagaimana diamanatkan Pasal 28 Undang-undang Dasar 1945 maka perlu dibentuk Undang-undang tentang Pers. Fungsi maksimal itu diperlukan karena kemerdekaan pers adalah salah satu perwujudan kedaulatan rakyat dan merupakan unsur yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang demokratis. Dalam kehidupan yang demokratis itu pertanggungjawaban kepada rakyat terjamin, sistem penyelenggaraan negara yang transparan berfungsi, serta keadilan dan kebenaran terwujud. {Selengkapnya}…

KODE ETIK JURNALISTIK

Kemerdekaan berpendapat, berekspresi, dan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Kemerdekaan pers adalah sarana masyarakat untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi, guna memenuhi kebutuhan hakiki dan meningkatkan kualitas kehidupan manusia. Dalam mewujudkan kemerdekaan pers itu, wartawan Indonesia juga menyadari adanya kepentingan bangsa, tanggung jawab sosial, keberagaman masyarakat, dan norma-norma agama. {Selengkapnya}….

PEDOMAN PEMBERITAAN MEDIA SIBER

Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Keberadaan media siber di Indonesia juga merupakan bagian dari kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers.

Media siber memiliki karakter khusus sehingga memerlukan pedoman agar pengelolaannya dapat dilaksanakan secara profesional, memenuhi fungsi, hak, dan kewajibannya sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Untuk itu Dewan Pers bersama organisasi pers, pengelola media siber, dan masyarakat menyusun Pedoman Pemberitaan Media Siber sebagai berikut: {Selengkapnya}….

KODE ETIK WARTAWAN SINKAP:

Sinkap.info merupakan situs Portal Berita Online menyajikan Seputar Informasi Kritis, Akurat, dan Proporsional. Setiap Wartawan Sinkap.info harus menjaga nama baik Media Sinkap dan Profesi Wartawan dengan menjalankan amanat UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik Indonesia.

Untuk menjamin prinsip-prinsip diatas guna memenuhi hak konsumsi publik untuk memperoleh informasi, maka wartawan sinkap.info harus memegang teguh landasan kode etik Perusahaan PT Sinkap Media Khatulistiwa berasaskan pada nilai keadilan dan kebenaran {Selengkapnya} ….