VOI Fashion Day 2024: Ajang Kreativitas Tiga Desainer Muda Jawa Timur

Entertainment834 Dilihat

MALANG, SINKAP.infoTiga hari menjelang VOI Fashion Day 2024 dengan tema “Victorian Splendor”, atmosfer semarak terasa di kalangan para desainer yang akan berpartisipasi. Tidak hanya desainer senior, acara tahunan ini juga menjadi panggung bagi tiga desainer muda berbakat dari SMK di Jawa Timur: SMKN 2 Lumajang, SMKN 7 Malang, dan SMKN 3 Blitar. Ketiga siswi ini akan memamerkan karya mereka yang menginterpretasikan tema “Victorian Splendor” dengan ciri khas masing-masing.

Desainer dari SMKN 2 Lumajang memilih tema “Elegance in Edwardian”, terinspirasi dari busana era Edward di Britania Raya.

“Pada era tersebut, wanita mengenakan pakaian dengan rok panjang dan korset, dilengkapi detail rampel dan renda yang menciptakan kesan mewah dan elegan,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan aksesoris sarung tangan dan bando untuk melengkapi pakaian yang terbuat dari bahan elegan seperti satin, brokat, dan tile.

Berbeda dengan desainer dari SMKN 7 Malang mempersembahkan koleksi bertajuk “RADIAN”, yang mengambil inspirasi dari permainan kelereng dengan sentuhan gaya feminin dan Bohemian.

“Koleksi ini mengingatkan pada permainan tradisional yang kini mulai ditinggalkan, dipadukan dengan warna cerah khas Bohemian,” jelasnya.

Sementara itu, SMKN 3 Blitar menyelaraskan koleksi mereka dengan tema besar VOI Fashion Day 2024, menampilkan busana bergaya kerajaan yang biasa dikenakan oleh kalangan ningrat pada masa lalu.

Ketiga desainer muda ini menghadapi tantangan besar dalam menyelesaikan koleksi mereka dalam waktu yang singkat. Proses dari pencarian tema, pembuatan sketsa, hingga eksekusi desain menjadi busana yang siap dipamerkan, memberikan mereka pengalaman berharga.

“Kami belajar tentang analisa desain mendalam, teknik menjahit, mencocokkan elemen desain, serta pentingnya dokumentasi digital dan cetak agar karya tetap lestari,” ujar salah satu dari mereka.

VOI Fashion Day 2024, yang akan dihelat pada Minggu, 7 Juli 2024 di Auditorium Lantai 7, Malang Creative Center, juga menjadi platform penting bagi para desainer muda ini untuk berjejaring dengan desainer senior.

“Kami berharap pengalaman ini membuka peluang bagi kami untuk terus berkiprah di industri fashion dan berpartisipasi dalam acara runway lainnya di masa depan,” tambah siswi dari SMKN 2 Lumajang.

Berikut adalah daftar lengkap desainer yang akan berpartisipasi dalam VOI Fashion Day 2024:

1. Metamorph by Zack (Malang)
2. Nenz3yo (Malang)
3. Wtama by Didik (Malang)
4. Ningrat by Naeos x Jorel (Malang)
5. Omah Jahit Fir (Malang)
6. Winda STINNEE (Jember)
7. Ridwan Syaifulloh (Kab. Malang)
8. NANTI by Kinan (Malang)
9. ONA (Malang)
10. Uchiqu (Malang)
11. Baswara School SMK Modern Al-Rifaie (Kab. Malang)
12. Valife by Vano (Malang)
13. Ardhalano (Malang)
14. Andre Modelling School (Malang)
15. EL Outfit by Darel X Lukman (Malang)
16. SMKN 2 Lumajang (Lumajang)
17. SMKN 3 Blitar (Blitar)
18. Migi Rihasalay (Jakarta)
19. Kiki Mahendra (Tulungagung)
20. SMKN 7 Malang (Malang)
21. Febby Antique (Malang)
22. Torilla Mode by Hany (Malang)
23. John Cataleya (Malang)
24. Studio Fitting by Ifan (Malang)
25. Naeos by Boy Barja (Malang)
26. ZRIEL CLOTHING (Surabaya)
27. LYnine by Lukman (Malang)
28. APBBA – Kabupaten Probolinggo (Probolinggo)
29. LIVS by Intan Afrie (Malang)

Acara ini dijamin akan menampilkan perpaduan antara kreativitas dan keindahan yang luar biasa dari para desainer yang berbakat.