PEKANBARU, Sinkap.info – Pemerintah Provinsi Riau, kembali memberikan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi Riau yang melanjutkan pendidikan tinggi, mulai dari jenjang pendidikan Diploma Tiga (D3) sampai S3 baik untuk perguruan tinggi di Riau maupun di luar Riau serta Luar Negeri. Pemberian beasiswa untuk tahun 2020 ini meningkat bila dibandingkan tahun 2019 yang lalu.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau, Rudyanto, mengatakan beasiswa tersebut sebagai bentuk keseriusan Pemprov Riau dalam meningkat SDM di Riau. Untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang pendidikan, agar masyarakat Riau yang kurang mampu bisa mendapatkan keringanan dalam pembiayaan kuliah.

“Tahun ini kita kembali memberikan beasiswa untuk mahasiswa yang melanjutkan perguruan tinggi. Tahun ini ada peningkatan dibanding tahun lalu, tahun 2020 ini ada sebanyak 3.066 orang, kalau tahun lalu itu sebanyak 2.504 orang. Ini semua untuk tujuh perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di Riau,” ujar Kadisdik Riau, Rudiyanto, Kamis (2/1).

MENARIK DIBACA:  Atasi Karhutla, Relawan Rumah Zakat Action Turunkan Tim Di Dua Kabupaten

Sedangkan untuk perguruan tinggi dari luar Riau pada tahun 2020 ini Pemprov Riau menyerahkan sebanyak 886 orang, sedangkan pada tahun 2019 hanya sebanyak 254 orang. Sama dengan tahun sebelumnya mahasiswa penerima beasiswa PT sudah bekerjasama dengan Pemprov Riau, seperti UI, ITB, UGM, ITS dan UB.

“Jadi yang PT yang luar Riau juga ada peningkatan. Kalau untuk bantuan beasiswa S1 untuk mahasiswa Riau yang kuliah di luar negeri sebanyak 30 orang, yang mengenyam pendidikan di Universitas Malaysia, Universitas Kebangsaan Malaysia dan Universitas Kairo Mesir,” terangnya.

“Selain itu, sesuai dengan janji kita pada saat penyerahaan beasiswa tahun 2019 lalu, dimana Program beasiswa S2 baru kita laksanakan tahun 2020 atas instruksi pak Gubernur. Karena banyak masyarakat yang ingin melanjutkan studi S2 terkendala biaya,” ujarnya.

MENARIK DIBACA:  Revitalisasi Pendidikan Vokasi untuk Memperkuat Daya Saing Bangsa

Lebih jauh dikatakan mantan Pj Bupati Inhil ini, tahun 2020 juga Pemprov Riau akan memberikan bantuan sosial (Bansos) pendidikan bagi mahasiswa kurang mampu mulai dari D3, D4 dan S1 sebanyak 3.500 orang. Kemudian, sebut menyalurkan bantuan beasiswa bidik misi S1 di lima PT di Riau sebanyak 473 orang.

“Bansos ini termasuk untuk hibah keagamaan. Untuk bansos ini verifikasi sudah dilakukan tahun 2019, dan akan disalurkan tahun ini. Tahun 2019 beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu ini (bidik misi) sebanyak 414 orang,” tutupnya.*(Rls/DIY)

Sumber: Haluanriau

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here