Plt Kadis Pangan Pimpin Apel Gabungan Pemkab Labuhanbatu

Labuhan Batu229 Dilihat

LABUHANBATU, SINKAP.infoPegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu melaksanakan apel gabungan di halaman kantor BKPP Kabupaten Labuhanbatu. Senin (25/03).

Adapun yang bertindak sebagai pembina apel pada kesempatan kali ini ialah Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pangan Zuhri, SE dan diikuti barisan terdiri dari para pejabat eselon II, eselon III, serta eselon IV.

Dalam amanatnya, Plt. Kepala Dinas Pangan Zuhri, SE menyampaikan bahwa salah satu tugas Bupati adalah menyelenggarakan urusan pemerintah bidang pangan, oleh karena itu dibentuklah Dinas Pangan dengan fungsinya.

“Berkenaan dengan hal penyelenggaraan pangan di Kabupaten Labuhanbatu, yang kita lakukan adalah untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia yang memberikan manfaat secara adil, merata, dan berkelanjutan dengan berdasarkan pada kedaulatan pangan, kemandirian pangan dan ketahanan pangan “, ungkapnya.

MENARIK DIBACA:  Bupati Labuhanbatu Lantik Pengurus FK2S SD dan SMP

Disampaikan juga, dalam pemenuhan konsumsi pangan, harus mengutamakan produksi dalam negeri dengan memanfaatkan sumberdaya dan kearifan lokal secara optimal. Untuk mewujudkan hal tersebut, tiga hal pokok yang harus diperhatikan bersama, diantaranya: ketersediaan pangan yang berbasis pada pemanfaatan sumberdaya lokal secara optimal, keterjangkauan pangan dari aspek fisik dan ekonomi oleh masyarakat, serta pemanfaatan pangan atau konsumsi pangan dan gizi untuk hidup sehat, aktif dan produktif”, jelasnya.

MENARIK DIBACA:  Plt Bupati Resmikan Gedung Baru Puskesmas Negeri Lama

Dikatakan pula, Dinas Pangan Kabupaten Labuhanbatu pada tahun 2024 ini akan menyusun perencanaan pangan tingkat kabupaten Labuhanbatu, menyusun rencana aksi pangan dan gizi setiap 5 (lima) tahun, serta membentuk pengawas dalam rangka pengawasan penyelenggaraan pangan kabupaten Labuhanbatu,” kata Zuhri.

Guna mewujudkan Kemandirian Pangan di Kabupaten Labuhanbatu, maka akan diciptakan dan diusulkan program dan kegiatan pangan secara teratur ke dalam anggaran pendapatan dan belanja Daerah kabupaten Labuhanbatu tahun 2025 dengan seoptimal mungkin, jelasnya.

SINKAP.info | Laporan: Faisal

Komentar