FK USU dan Perki Gelar Pengabdian Masyarakat, Dimiyathi: Terima Kasih dan Apresiasi

Tebing tinggi122 Dilihat

TEBING TINGGI, SINKAP.info – Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi, S.Sos., M.TP. menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Fakultas Kedokteran USU (Universitas Sumatera Utara) dan PERKI SUMUT (Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia) cabang Sumatera Utara yang telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Kota Tebing Tinggi berupa pemeriksaan kesehatan jantung. Rabu (08/03) di gedung Balai Pertemuan Kartini, Jln. Gunung Leuser BP7.

Meskipun hanya beberapa warga Kota Tebing Tinggi yang mengikuti kegiatan ini, namun Dirinya berharap kiranya kondisi tersebut menggambarkan kondisi kesehatan jantung warga di Kota Tebing Tinggi.

” Kami sampaikan rasa terimakasih dan apresiasi setingginya kepada Fakultas Kedokteran USU dan PERKI Sumut yang melaksanakan pemeriksaaan kesehatan jantung bagi warga kota Tebing Tinggi,” ujar Pj. Wali Kota saat memberikan sambutannya.

Lanjutnya lagi, Dimiyathi mengucapkan bahwa penyakit jantung masih merupakan pembunuh pertama di Indonesia setelah Covid19 berlalu. Menurutnya, banyak penyebab orang bisa terserang penyakit jantung secara tiba tiba.

“Ini referensi saya kalau salah tolong dikoreksi, yaitu pola hidup dan makan. Ini harus segera dilakukan edukasi sosialisasi melalui Dinkes, terutama kepada adik kita yang masih usia muda, yang bisa kita harapkan menjadi generasi emas masa mendatang,” tambah Pj. Wali Kota.

Untuk itu, M. Dimiyathi juga menaruh harapan agar dimasa akan datang, kegiatan ini dan terutama sinergi kerjasama bisa terus terjalin antara Pemko Tebing Tinggi dengan FK USU dan PERKI Sumut.

“Kepada kita yang hadir pada kegiatan ini, kiranya bisa mengikuti dengan baik. Dan mudah-mudahan kegiatan ini mendapat ridho darI Allah SWT serta mendatangkan kemaslahatan bagi masyarakat Kota Tebing Tinggi,” harap Dimiyathi S.Sos.

Ketua PERKI Sumut dr. Faisal Habib, Sp.JP., dalam sambutanya bahwa ada beberapa kegiatan yang dilakukan, mulai dari penyuluhan kesehatan tentang kesehatan jantung, pemeriksaan jantung, tensi dan beberapa kegiatan lainnya.

dr. Faisal juga berharap kepada Pemko Tebing Tinggi agar lebih meningkatkan akses pelayanan jantung dan kualitas pelayanan khususnya dalam pemeriksaan jantung di Rumah Sakit yang ada di Kota Tebing Tinggi.

“Di rumah sakit yang ada di Kota Tebing Tinggi, semua sudah ada dokter jantung sudah lengkap tinggal nanti peningkatan kualitas pelayanan terimaksih kepada semua pihak yang telah mendukung acara ini. Mohon maaf apabila dalam kegiatan ini nantinya ada yang kurang berkenan,” tutupnya.

Sementara Ketua Departemen Kardiologi FK USU dr. Anggia C. Lubis, Sp.JP mengungkapkan bahwa dari perhimpunan dokter jantung se-Sumut terdapat 90 orang dokter jantung, yang mana 20 orang diantaranya hadir berkontribusi dalam kegiatan ini.

” untuk 20 orang diantaranya hadir bersama kita, cukup banyak untuk program kita bersama ada dr. Hasan, dr. Faisal. Selain dokter jantung dewasa, dokter jantung anak-anak, di tim kami juga ada dokter penyakit dalam,” ujarnya.

Yendina br Saragih, salah seorang warga yang mengikuti kegiatan ini mengatakan merasakan manfaat dari kegiatan ini dan berharap kegiatan ini dapat dilakukan berkala.

” adanya kegiatan ini, saya lebih waspada menjaga kesehatan dan merasa cukup terbantu dengan kegiatan ini. Kalau boleh lebih berkesinambungan. Kami juga berharap kegiatan ini jadi berkala supaya warga Kota Tebing Tinggi bisa lebih sehat,” pintanya .

Turut hadir dalam kegiatan ini, Danramil 13/TT Kapt. Inf. Yudi Chandra, Hakim PN Zephan Pandia, tim dokter FK USU dan PERKI SUMUT, masyarakat dan perwakilan pelajar SMPN 8.

SINKAp.info | Laporan: Saptha N Isa