Beranda HIBURAN Sports

Jejak Pertandingan Italia Unggul Dibeberapa Laga, Inggris Berpeluang Menang?

526
Foto: Final Euro 2020 - Sumber foto: Pikiran rakyat

SPORT, SINKAP.infoPertandingan Inggris versus Italia memasuki babak final Euro 2020. Laga tersebut akan berlangsung di Stadion Wembley, Inggris pada Minggu (11/7) waktu setempat atau Senin (12/7) dini hari WIB.

Inggris melangkah ke Final usai mengalahkan Denmark 2-1 di babak semifinal, Kamis (8/7) dini hari WIB. Ini merupakan sejarah bagi Skuad The Three Lion yang kali pertama menembus partai final Euro.

Track of Record pertandingan terjauh Inggris di pentas Eropa sebelumnya hanya sampai semifinal saat menjadi tuan rumah Euro 1996. Kala itu, mereka gagal ke laga puncak usai tunduk dari Jerman lewat adu penalti.

Sementara itu, kemenangan atas Spanyol di laga semifinal mengantarkan Italia menuju partai puncak Euro 2020. Pasukan Gli Azzuri unggul dalam babak pinalti setelah melawati skor imbang dan berakhir dengan skor pinalti 4-2.

Jika membaca perjalan ke dua negara yang akan berlaga di Final Euro 202, Italia lebih unggul dalam beberapa kali pertemuan di laga internasional saat melawan Inggris. Dalam pertandingan di Grup D Piala Dunia 2014, Italia menekuk Inggris 2-1. Dua tahun sebelumnya, di Euro 2012 Italia juga unggul lewat adu penalti pada babak perempat final.

Secara keseluruhan, dua negara tersebut telah 27 kali bertemu. Italia memenangkan 11 laga, Inggris unggul di 8 laga, sedangkan 8 laga lainnya berakhir imbang.

Catatan Italia di kancah Eropa juga lebih baik. Mereka telah memenangkan satu trofi Euro, meskipun kejayaan itu terakhir kali diraih pada 1968. Italia terakhir kali masuk final Euro 2012, namun tunduk 0-4 dari Spanyol.

Beralih ke statistik di gelaran Euro 2021, Italia unggul dalam hal jumlah gol. Tim asuhan Roberto Mancini telah mengoleksi 12 gol, sedangkan Inggris mencetak 10 gol.

Namun demikian, Inggris unggul dalam hal rekor clean sheet. Mereka telah 5 kali membukukan clean sheet, lebih baik dari Italia yang punya 3 catatan clean sheet.

Melihat sepak terjang sepanjang Euro 2020, kedua tim sama-sama memiliki ambisi peluang untuk memenangkan pertandingan. Apalagi Inggris dipecut semangat untuk membawa pulang trofi tertinggi sepak bola Eropa untuk pertama kalinya.

SINKAP.info | Editor: MF | Source: Detik
Facebook Comments