Beranda RIAU Kepulauan Meranti

Sambut Ramadhan 1442 H, Pemkab Meranti Gelar Zikir Akbar

148

MERANTI, Sinkap.infoMenyambut bulan suci yang penuh berkah, Ramadhan 1442 H tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti bersama masyarakat menggelar sholat subuh berjamaah dan Zikir Akbar bertempat di halaman Kantor Bupati Meranti, Ahad (11/4).

Kegiatan ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT yang Insya Allah atas berkahnya akan mempertemukan kembali seluruh umat muslim khususnya di Kepulauan Meranti dengan bulan suci Ramadhan yang penuh hikmah dan keberkahan.

Sholat Subuh dan Zikir Akbar, dengan menjalankan protokol kesehatan langsung dipimpin imam Khalifah Thoriqoh Qodiriyyah Wan Naqsyabandiyah Desa Topang, Ky. Abdul Ghofur Chudlori Al-Hafidz. Bersama Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil SH, Wakil Bupati Meranti AKBP (Purn) H. Asmar, Ky. Syaifullah Yusuf, Para Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda beserta Pejabat Eselon II dan III di lingkungan Pemkab. Meranti, Tokoh Agama/Adat, para ASN dan masyarakat lainnya.

Untuk menyambut bulan yang penuh berkah tersebut, Pemkab Meranti menggelar Zikir Akbar sebab dengan berzikir berarti menyebut nama Allah dan mengingatnya. Zikir merupakan amalan elok dan tepat, sebagai isian amaliah diri menyambut Ramadhan.

Dalam hitungan hari, kita akan tinggalkan lembayung Sya’ban dan kita akan jejakkan kaki di bulan Ramadhan. Bulan yang mengajak kaum Muslimin di berbagai belahan dunia tak terkecuali di Kabupaten Kepulauan Meranti akan berpuasa selama satu bulan lamanya.

Kita akan memasuki bulan istimewa yang menyebar banyak kebaikan, bulan yang ditaburi keberkahan, bulan yang siang dan malamnya penuh kemuliaan. Bulan yang di antara salah satu malamnya bernilai lebih baik dari seribu bulan.

Bulan yang pada akhirnya tidak ada alasan buat tangan kita kecuali membentang, seraya lisan berujar, Marhaban ya Ramadhan Allahu Akbar. Kenikmatan menyambut Ramadhan ini adalah bagian dari kecintaan atas kehadiran bulan rahmat dan ampunan.

Selain itu kegiatan Zikir ini adalah agar negeri Meranti senantiasa dijauhi dari mara bahaya dan dilimpahkan keberkahan oleh Allah, sehingga apa yang dicita-citakan bersama yakni Meranti yang Maju, Cerdas dan Bermartabat dapat diwujudkan.

Seperti dikatakan oleh Ky. Abdul Ghofur Chudlori Al-Hafidz, ada 3 amalan yahg dapat menjadi benteng orang mukmin dari godaan setan dan mara bahaya yakni Memakmurkan Masjid, membaca Al-Quran, dan perbanyak Zikir.

Lebih jauh dijelaskannya, barang siapa yang tidak mau berzikir dan mengingat Allah maka akan dijauhi kepadanya nikmat didunia dan akhirat. Umat muslim yang tidak berzikir akan dikumpulkan saat kiamat nanti dalam keadaan buta.

Sementara orang yang terus menerus berzikir akan diberikan Allah nikmat sebelum yang bersangkutan meminta kepada Allah. Dan Zikrullah juga lebih baik dari sedekah emas dan perak. Terakhir Zikir akan menguatkan iman dan menumbuhkan keikhlasan serta kemudahan dalam berkerja mengejar segala kebaikan.

“Untuk itu marilah kita perbanyak Zikir, dengan senantiasa mengingat Allah semoga kita semua dan Kabupaten Kep. Meranti dijauhi dari mara bahaya dan diturunkan keberkahan oleh Allah SWT,” ujar Ky. Abdul Ghofur.

Kegiatan Zikir Akbar yang berlangusng hikmat ditutup dengan silahturahmi saling maaf memaafkan dalam menyabut bulan Ramadhon nan suci.

Facebook Comments