Beranda KEPRI Karimun Pengurus DK Karimun WR Adji Siap Mengangkat Budaya Seni Melayu

Pengurus DK Karimun WR Adji Siap Mengangkat Budaya Seni Melayu

143

KARIMUN, Sinkap.info – Usai dikukuhkan pada tanggal 7 Oktober lalu Pengurus Dewan kesenian (DK) Kabupaten Karimun yang di ketuai oleh Wrachma Rachaldi Adji periode 2020-2024.

Wrachma Rachaldi Adji mengatakan, kehadiran Dewan Kesenian Karimun di Kabupaten Karimun sebagai mitra pemerintah daerah dalam rangka Kemajuan kebudayaan daerah.

Jika merujuk pada UU, Dewan Kesenian sesuai Instruksi Mentri Dalam Negeri Nomor 5A Tahun 1993 bahwa Gubernur, Bupati dan Wali Kota seluruh Indonesia diharapkan untuk membentuk Dewan Kesenian dan mengalokasikan APBD untuk operasional keorganisasian.

“Dewan kesenian tentunya juga dibantu pihak-pihak swasta yang ada didaerah dan luar daerah dan didukung Permedikbud Nomor 45 Tahun 2018 tentang pedoman penyusunan pokok pikiran Kebudayaan daerah,” kata WR Adji.

MENARIK DIBACA:  Pengurus Daerah AM-MDI Karimun Silaturahmi Lintas Kalangan Pemuda

Menurut Ketua DK Adji fungsi Dewan Kesenian memang sangat ideal, untuk menciptakan kondisi berkesenian yang lebih dinamis dan kreatif sebagai motivator lembaga-lembaga kesenian seperti sanggar-sanggar, pegiat seni/seniman, agar mampu mengangkat harkat dan martabat seni budaya daerah di tanah Melayu khusus nya di Kabupaten Karimun.

“Tapi semua itu bisa terwujud apabila dikelola oleh orang yang punya sikap rendah hati, berwawasan luas dan memahami masalah Kesenian,” ujarnya.

Dikatakan Adji, untuk mengkoordinir kegiatan Kesenian (Tari, Musik, Teater, Sastra, Rupa, cinema Fotografi) tradisional maupun modern, bisa diwakili oleh seniman-seniman yang selama ini teruji aktifitas dan dedikasinya.

“Maka dari itu harus diciptakan kepengurusan yang mencerminkan kebersamaan antar generasi serta keragaman profesi,” kata Adji saat berbincang bincang di kediamannya.

MENARIK DIBACA:  KKN UK Turut Andil Dalam Upaya Pencegahan Penularan Covid-19

Dalam sambutannya pada waktu lalu PJS Bupati Karimun Herry Andrianto, SE, MM mengatakan, Dewan Kesenian harus jadi perekat praktikal dan konseptual untuk menyokong kehidupan Kesenian yang lebih terfokus dan terorganisir, memadukan kesesenian Melayu dengan Kesenian lain yang ada di Kabupaten Karimun.

Sambutannya ditutup dengan sebuah pantun
Bersatu padu seniman semua
Bertekad didalam satunya kata
Dewan Kesenian memiliki cita
Mengangkat martabat Seni Budaya.

SINKAP.info | Penulis: JB
Facebook Comments