Beranda SULAWESI TENGAH Banggai Dua Paslon Bupati dan Wakil Bupati Melenggang Maju di Pilkada Banggai 2020

Dua Paslon Bupati dan Wakil Bupati Melenggang Maju di Pilkada Banggai 2020

414
Foto : Istimewa - Sumber foto: Tribunnews

BANGGAI, Sinkap.info – Penetapan Tiga Pasangan Calon Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Banggai oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melalui validasi dan verifikasi berkas pencalonan.

Dari hasil keputusan yang telah diterbitkan oleh KPU berdasarkan surat keputusan KPU Banggai nomor 51/PL.02.3-Kpt/7201/KPU-Kab/IX/2020 tentang penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati sebagai peserta pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banggai Pemilihan serentak lanjutan tahun 2020.

Dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati melenggang maju sebagai kandidat peserta Pemilihan Umum Kepala Daerah yang akan memimpin Kabupaten Banggai Periode 2021-2026.

Penetapan tersebut ditetapkan KPU Kabupaten Banggai kepada Pasangan calon Ir. H Amirudin Tamoreka dan Drs. H Furqnuddin Masulili MM yang diusung oleh koalisi partai Nasdem, Golkar, PKB dan partai Hanura.

MENARIK DIBACA:  Hentikan Polemik Rangkap Jabatan di Media Demi Negeri Babasal

Pasangan kedua yang lolos dalam kontetasi Pilkada lanjutan Banggai ditetapkan kepada Hj Sulianti Murad SH MM dan Drs. H Zainal Abidin Ali Hamu MA yang diusung oleh koalisi partai Gerindra dan PAN.

Sementara, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati petahana Ir. H Herwin Yantim MM dan H Mustar Labolo ditetapkan dengan status tidak memenuhi syarat sebagai peserta pada Pemiihan Bupati dan Wakil Bupati Banggai pada Pemilihan serentak Lanjutan tahun 2020.

Keputusan gagalnya calon petahana sesuai surat Keputusan KPU Banggai Nomor: 50/PL.02.3-Kpt/7201/KPU-Kab/IX/2020 tentang penetapan Paslon petahana dengan status Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Ketua LSM GAM, Idhin Massa pada media mengapresiasi keputusan KPU Banggai, keputusan yang diambil KPU menurutnya telah sesuai dengan UU Pemilu.

MENARIK DIBACA:  Miris, Pemda Banggai Tak Tunaikan Hutang Tenaga Kesehatan dan Medis

“ini merupakan langkah yang tepat, KPU memberikan pendidikan politik bagi masyarakat Kabupaten Banggai bahwa semua sama dimata hukum” ujarnya.

Dirinya berharap pendukung calon yang telah ditetapkan oleh KPU baik yang akan bertarung 9 desember nanti maupun yang gagal maju pada pilkada, agar tetap menjaga keamanan dan kedamaian kabupaten Banggai.

“Tidak perlu saling ejek apalagi saling serang argumen, dewasa bahadapi ini situasi” imbuhnya.

SINKAP.info | Laporan: MRm

Facebook Comments