Sen. Agu 26th, 2019

SINKAP

Suara Anak Bangsa

Jaga Kesehatan Anda, Hindari Kebiasaan Bermain HP Sebelum Tidur!

SinkapMenjadi kebiasaan yang sudah menjamur dikalangan pengguna Gadget masa kini, bukan hanya asik bermain smartphone saat kesendirian juga autis bermain smartphone saat lagi sedang kumpul bersama teman. Kebiasaan yang lebih parahnya lagi tidak bisa melepas Gadget dimana pun berada, sepertinya smartphone sudah menjadi teman setia sepanjang hari melebihi dari kedekatan dengan pasangan kekasih dan kedekatan kekeluargaan. Anehnya pengaruh besar Gadget ini sebagai teman pendamping sebelum tidur.

Jika kamu sudah terlena dengan kebiasaan bercengkrama bersama smartphone sebelum tidur untuk sekedar chatting, melihat pemberitahuan, nonton video, bermain game ataupun membaca artikel. Sebaiknya saran dari beberapa peneliti untuk menghindari dan meninggalkan kebiasaan tersebut. Kebiasaan bermain smartphone sebelum tidur ternyata bisa membahayakan kesehatan diri anda. Banyak dampak negative yang diberitakan diberbagai penelitian di media tentang gangguan kesehatan yang diakibatkan bermain smartphone, salah satunya merusak kesehatan mata dan memperpanjang waktu insomnia sehingga anda tidur larut malam dan sulit bangun dipagi hari.

MENARIK DIBACA:  Kelebihan iOS 11 di iPhone, Review 10 Fitur Terbaru Tampil Berkelas

Para ahli Ofcom menemukan delapan dari sepuluh orang yang sering membawa Hp dan perangkatnya ketika mereka akan tidur. Kebiasaan tersebut sangat mengkhawatirkan karena diketahui dapat membuat pengaruh yang tidak bagus bagi kesehatan. Dr Guy Meadows, spesialis insomnia dari The Sleep School, London menyebutkan bakal lebih baik seandainya sesaat sebelum tidur orang tak lagi memakai telephone seluler. Bahkan Dr Meadows menyatakan dia biasa meletakkan ponselnya jauh dari tempat tidur kala tengah malam hari.

Kontroversi, tidak sedikit yg merasakan pusing serta sakit kepala tiap kali memanfaatkan hp menjelang tidur. Faktor ini tak terlepas dari cahaya handphone yg terlampau terang membuat organ mata bekerja lebih ekstra. Dr Charles Czeisler, seorang profesor kedokteran di Harvard University menyatakan cahaya hp akan merangsang sel-sel di retina, daerah di belakang mata yg mentransmisikan pesan ke otak guna bekerja lebih keras. Sel-sel peka cahaya menginformasikan badan kita utk terus merespons cahaya.

“Kebiasaan ini akan menciptakan pelepasan hormon melatonin yg menciptakan Kamu merasa ngantuk, & hormon cortisol yang membuat kamu ngantuk. Seluruh cahaya buatan, baik dari bola lampu, neon, sampai cahaya mobile phone diperkirakan menghambat pelepasan melatonin maka akan menciptakan seorang terjaga lebih lama,” papar Dr Meadows seperti dilansir Dailymail.

MENARIK DIBACA:  Applikasi Android yang Wajib Anda Miliki sebagai Pekerja Kantoran

Cahaya dari telepon selular bisa jadi mempunyai resiko yg lebih besar. Cahaya yg dihasilkan telepon selular, tablet & media elektronik tidak sedikit mengandung unsur warna biru – yg mempunyai kekuatan besar dalam menstimulasi kerja otak. “Pigmen melanopsis, saraf yg terdapat di retina mata amat sangat sensitif kepada paparan warna biru,” tutur Profesor Debra Skene, satu orang ahli neuroendocrinologist dari University of Surrey.

Aspek inilah yg menciptakan kita lebih tertarik untuk memeriksa pemberitahuan di hp di bandingkan dengan membaca buku. Ganti kebiasaan anda lebih baik membaca buku dari pada kecanduan bermain smartphone sebelum tidur. Jadilah pecandu buku bukan pecandu smartphone!!! (admin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »