Sekda Bambang Hadiri Launching Layanan Sertifikat Elektronik se-Provinsi Riau

Pekanbaru1305 Dilihat

PEKANBARU, SINKAP infoPemerintah Provinsi Riau meluncurkan layanan sertifikat elektronik bagi pemerintah kabupaten/kota se-Provinsi Riau pada Rabu (3/07/2024). Acara ini berlangsung di Gedung Daerah Balai Serindit, Pekanbaru dan dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Penjabat (Pj) Gubernur Riau SF Hariyanto dan Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Riau, Nurhadi Putra.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H. Asmar, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kepulauan Meranti Bambang Suprianto, juga turut hadir dalam acara tersebut.

Dalam sambutannya, SF Hariyanto menekankan pentingnya layanan sertifikat elektronik sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pelayanan publik. Ia menyebutkan bahwa sertifikat elektronik akan membantu mengurangi risiko kehilangan, kerusakan, dan duplikasi dokumen oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Layanan ini merupakan langkah maju dalam proses digitalisasi dan reformasi birokrasi di Riau. Ini adalah bentuk upaya pemerintah untuk menyelamatkan hak atas tanah yang dimiliki masyarakat,” ujar Hariyanto.

Hariyanto juga mengajak seluruh pemerintah kabupaten dan kota di Riau untuk memahami dan memanfaatkan layanan ini dengan baik. Dia menegaskan bahwa dukungan dan kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat sangat diperlukan untuk kesuksesan program ini.

“Saya meminta bapak ibu bupati/walikota di Provinsi Riau dan seluruh elemen masyarakat untuk mendukung penuh implementasi sertifikat elektronik ini. Tentunya kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyarakat sangat diperlukan agar program ini dapat berjalan sukses dan memberi manfaat untuk seluruh masyarakat di Provinsi Riau,” katanya.

Sekda Kepulauan Meranti, Bambang Suprianto, menambahkan bahwa layanan sertifikat elektronik ini akan memudahkan masyarakat dalam mengajukan, memproses, dan menerima sertifikat tanah secara digital melalui platform online yang disediakan oleh BPN. Ia menekankan manfaat dari layanan ini dalam meningkatkan transparansi di setiap tahapan proses.

“Sertifikat tanah elektronik ini akan lebih efisien dan tentunya mudah untuk disimpan dan dibawa. Semoga Meranti bisa menjadi kabupaten tertib administrasi pertanahan, sehingga dapat meminimalisir adanya sengketa dan perselisihan tanah,” ungkap Bambang.

Acara peluncuran ini juga diwarnai dengan penyerahan sertifikat tanah elektronik secara simbolis dari Pj Gubri dan Kepala Kanwil BPN kepada perwakilan pemerintah kabupaten/kota se-Provinsi Riau.