Khutbah Idul Adha, Sarwan Kelana Sampaikan Kisah Nabi Ibrahim AS

Pekanbaru736 Dilihat

PEKANBARU, SINKAP.info – Perayaan Idul Adha 1445H tahun ini di Kota Pekanbaru membawa suasana istimewa dengan ditunjuknya Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI Muda) Kota Pekanbaru, Sarwan Kelana, sebagai khatib. Pengurus Masjid Al-Barokah, yang terletak di Jl. Kubang Raya, Panam, Pekanbaru, memilih Sarwan untuk menyampaikan khutbah Idul Adha pada tahun ini, menggarisbawahi kepercayaan yang besar terhadapnya.

“Alhamdulillah, Idul Adha tahun ini kami diberi amanah oleh Pengurus Masjid Al-Barokah untuk menyampaikan khutbah Idul Adha 1445H,” ujar Sarwan Kelana yang juga sebagai Pengurua di DMI Provinsi Riau, pada Minggu pagi, 17/06, menandakan momen yang penuh syukur.

Pemuda asal Kabupaten Kepulauan Meranti ini membawakan khutbah yang mendalam dengan membahas keteladanan Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS dalam kehidupan sehari-hari. “Ya, tadi kita sampaikan tentang keteladanan dari kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS untuk menjadi Hamba Allah yang kuat iman serta takwanya,” jelas Sarwan Kelana.

Dalam khutbahnya, Sarwan Kelana berharap para jamaah dapat mengambil hikmah dari kisah keteladanan tersebut. Ia menekankan pentingnya meneladani kesabaran, ketakwaan, dan kepatuhan Nabi Ibrahim dan Ismail kepada perintah Allah SWT sebagai refleksi dalam kehidupan umat Muslim sehari-hari.

Dengan tema yang relevan dan mendalam, khutbah Idul Adha kali ini diharapkan dapat memberikan pencerahan dan inspirasi bagi seluruh jamaah yang hadir di Masjid Al-Barokah. Perayaan Idul Adha, yang juga dikenal sebagai Hari Raya Kurban, merupakan momentum penting bagi umat Muslim untuk memperkuat iman dan takwa, serta mempererat silaturahmi dan kepedulian sosial melalui ibadah kurban.

Antusiasme ratusan jamaah serta masyarakat sekitar Masjid Al-Barokah terlihat jelas saat mendengarkan khutbah Idul Adha 1445H yang disampaikan oleh Sekretaris DPD Ittihadul Muballighin Kota Pekanbaru itu. Perayaan ini tidak hanya memperkaya iman tetapi juga memperkuat hubungan sosial di antara jamaah.

Peran Sarwan Kelana sebagai khatib ini menandai kepercayaan yang besar dari masyarakat Pekanbaru dan diharapkan menjadi inspirasi bagi generasi muda Muslim lainnya dalam meneladani keteladanan Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS.

Sedangkan selaku Imam dalam Sholat Idul Adha 1445H ini adalah Imam Muda Ustadz Shakhez Zahidan.

SINKAP.info | Redaksi

Komentar