Bupati Kasmarni Ajak Masyarakat Konsumsi Pangan Lokal Sehat, Bersih dan Bergizi

Bengkalis136 Dilihat

SIAK KECIL, SINKAP.info – Bupati Bengkalis Kasmarni mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis khususnya masyarakat Kecamatan Siak Kecil untuk senantiasa mengkonsumsi makanan lokal yang sehat, bersih dan bergizi.

Ajakan itu disampaikan Bupati Bengkalis saat membuka acara Gerakan Makan Pangan Lokal untuk Anak Sekolah dan Usia Dini, Selasa 10/10, di SDN 7 Lubuk Gaung Kecamatan Siak Kecil.

“Harapan kami, melalui momentum gerakan kita pagi ini, semua masyarakat, khususnya anak-anak sekolah, tenaga pendidik, dan juga PKK memiliki pemahaman dan informasi yang benar, bahwa untuk memenuhi kebutuhan gizi dan karbohidrat pada tubuh, tidak harus membeli makanan serta jajanan yang mahal. Namun, cukup dengan mengkonsumsi bahan pangan lokal yang beragam,  bergizi, seimbang serta aman atau yang biasa kita sebut (B2SA),”harapan Bupati.

Kasmarni juga mengajak masyarakat untuk selalu bersyukur, karena sumber daya pangan lokal seperti jagung, umbi-umbian, sagu, pisang dan lainnya sangat membantu keseimbangan gizi anak sekolah dan usia dini.

“Konsumsi pangan masyarakat inilah yang perlu kita edukasikan melalui gerakan kita pagi ini. dan kami mengajak kita semua, untuk terus mengkonsumsi pangan lokal yang beraneka ragam, agar kekurangan zat gizi pada jenis makanan yang satu akan dilengkapi pula oleh keunggulan susunan zat gizi jenis makanan lainnya, sehingga tubuh akan memperoleh masukan zat gizi yang seimbang,”ungkap Kasmarni.

Kepada lembaga pendidikan, orang nomor satu Kabupaten Bengkalis, berpesan agar dalam setiap kesempatan, dapat terus menyampaikan, mengenalkan, dan menganjurkan kepada anak-anak didiknya untuk senantiasa mengkonsumsi pangan lokal yang sehat, bersih, beragam lagi bergizi.

Paling tidak bisa dimulai dari gerakan membawa bekal serta makanan yang disediakan di kantin-kantin sekolah. Kalau perlu, dalam seminggu itu ada satu atau dua hari edisi khusus makan sayur dan buah bagi anak didik.

Kepada masyarakat, pemerintah desa dan seluruh instansi pemerintah maupun swasta, Kasmarni juga mengajak, agar di setiap kegiatan maupun acara seremonial, senantiasa sajikan olahan pangan lokal sebagai konsumsi kegiatan, hal tersebut merupakan salah satu bentuk edukasi dan sosialisasi serta terciptanya peluang peningkatan ekonomi bagi para pelaku usaha atau petani pangan lokal.

“Kepada Dinas Ketahanan Pangan kami tegaskan, kegiatan ini jangan berhenti sampai disini, harus terus berlanjut dan harus sampai pada tujuannya,”pungkasnya.

Pada kesempatan itu Bupati Bengkalis Kasmarni menyerahkan secara simbolis bingkisan untuk keluarga beresiko sunting dari DKP dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis.

Acara dilanjutkan dengan bercerita tentang manfaat makan sayur dan buah-buahan oleh Bupati Bengkalis Kasmarni, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis, Ketua DWP Kabupaten Bengkalis. Kemudian kunjungan bazar makan pangan lokal B2SA.

Terlihat hadir pada acara tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis, Ketua DWP Kabupaten Bengkalis, Tenaga Ahli Bupati Bengkalis, sejumlah anggota DPRD Bengkalis serta para Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten.

Kemudian Camat Siak Kecil, Camat Bukit,  Batu, Bandar Laksamana, Forkopimcam Kepala Sekolah Se- Kecamatan Siak Kecil.

SINKAP.info | Redaksi