Safari Ramadhan, Pj. Wako Tebing Tinggi Santuni Yatim Dan Kaum Duafa

Tebing tinggi88 Dilihat

TEBING TINGGI, SINKAP.info – Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi, S.Sos., M.TP., melakukan program safari Ramadhan dengan sholat maghrib berjamaah dan memberikan santunan kepada BKM, anak yatim dan kaum duafa, Pada puasa ke 15 di bulan suci Ramadhan 1444 H. Kamis (6/4) .

Dalam kegiatan itu, Muhammad Dimiyathi melakukan sholat berjamaah di Masjid Al-Hasanah di Jl. Letda Sujono, Kel. Teluk Karang, Kec. Bajenis dan memberikan santunan kepada BKM, 10 orang anak yatim 10 dan 15 orang kaum dhuafa.

Pada kesempatan tersebut, Pj. Wali Kota mengungkapkan rasa bangga kepada pengurus BKM Masjid Al-Hasanah yang dapat mengembangkan Masjid, dimana selain ibadah juga ada pengembangan ilmu pendidikan dan ekonomi.

“Mungkin ini bisa menjadi contoh bagi masjid yang lain di Kota Tebing Tinggi. Terimakasih kepada pengurus BKM yang telah ikhlas mengembangkan masjid ini sehingga berkembang pesat,” ujar M. Dimiyathi.

Tambahnya, Dimiyathi kembali mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada akan kecenderungan tingkat kerawanan dan keamanan lingkungan yang meningkat, khususnya menjelang hari raya Idul Fitri.

“Oleh karena itu kami himbau, mengajak kita untuk tetap jaga keamanan lingkungan kita. Apalagi saat beribadah, rumah benar terkunci supaya kita ibadah tenang dan rumah dalam keadaan aman. Dan ketika meninggalkan rumah memutus hubungan listrik yang gampang terbakar, waspada terhadap barang yang mudah terbakar,” himbaunya.

Kemudian, Pj. Wali Kota juga kembali mengingatkan masyarakat untuk berbelanja seperlunya, tidak menimbun barang kebutuhan pokok.

“Berbelanja secukupnya, walau inflasi masih bisa kita kendalikan. Jangan sampai menimbun barang pokok, itu tak perlu. Saya nyatakan stok pangan sampai Idul Fitri itu aman. Dan InsyaAllah minggu depan juga akan ada pangan akan turun dari pemerintah pusat untuk saudara kita yang kurang beruntung dalam ekonomi,” urai Pj. Wali Kota.

Diakhir sambutannya, Pj. Wali Kota berharap agar masyarakat dapat melaksanakan ibadah Ramadhan dengan khusyuk dan khidmat dan terhindar dari hal-hal perbuatan negatif.

“Kepada orangtua untuk menjaga anak pemuda/ remajanya agar terhindar dari hal negatif, semisal balap liar dan asrama subuh, alangkah lebih baik berkumpul ibadah di masjid, mushola atau langgar.” Ucapnya.

Sementara itu,H. Agushul Khoir, S.Ag. dalam tausiyahnya berpesan kepada jemaah yang hadir, untuk memperbanyak amal ibadah, terutama di hari Jumat pada bulan Ramadhan ini.

“Dalam sepekan ada 7 hari, ada 1 hari untuk memperbanyak amal ibadah kebaikan di hari Jumat, terlebih di bulan Ramadhan 1444 Hijriah ini. Mari kita perbanyak amal, ibadah kebaikan di hari Jumat dan mari perbanyak amal, ibadah kebaikan di bulan Ramadhan. Mudah-mudahan Allah SWT menerima amal, ibadah kebaikan kita, Allah ampunkan dosa kita,” ujar H. Agushul Khoir didampingi Ketua BKM Al-Hasanah Khairul Amri, S.Ag.

Sebelumnya, santunan diberikan kepada 18 orang anak yatim piatu dan di setiap hari Jumat membagi 5 kg karung beras secara bergilir kepada 44 kaum dhuafa yang telah terdata selama tahun 2022, serta memberi bantuan modal usaha kepada jemaah Al-Hasanah.

Turut hadir Kadispora Sahdama Yanto AP., Kadis PUPR Reza Aghista, S.E., M.Si., Kadis Dukcapil Muhammad Fachri, S.STP., M.AP. serta Camat Bajenis Dira Astama Trisna, S.IP., M.Si., Kabag PBJ, Kabag Kesra, para Lurah dilingkungan Kec. Bajenis, tokoh agama, tokoh masyarakat serta masyarakat di lingkungan Masjid Al-Hasanah.

SINKAP.info | Laporan: Saptha N Isa