Beranda DAERAH RIAU

Kreatif! KKN UNRI Desa Pulau Palas Ubah Limbah Organik Jadi Penyubur Tanaman dan Pembersih Serbaguna, Eco-Enzyme!!

145

PULAU PALAS, SINKAP.info – Banyaknya sampah yang tidak terorganisir secara efektif, Seperti sisa sampah dari buah maupunn sayur, Membuat lingkungan menjadi kurang bersih dan tidak digunakan secara efisien. Maka dari itu, Tim Kukerta Desa Pulau Palas Universitas Riau 2022 mengadakan sosialisasi mengenai “Eco Enzyme”, Kepada Ibu PKK Desa Pulau Palas beserta KKN UIN Suska Riau, di Balai Desa Pulau Palas. Yang dimana tujuan dari pembuatan Eco Enzyme sendiri yaitu untuk mengubah limbah sayur dan buah menjadi pembersih serbaguna hingga penyubur tanaman, Rabu (20/06).

Dalam kegiatan sosialisasi Eco Enzyme tersebut, Mahasiswa KKN UNRI menjelaskan apa saja alat dan bahan yang digunakan, Pembuatannya hingga manfaat dari Eco Enzyme tersebut kepada Ibu PKK Desa Pulau Palas dan KKN UIN Suska Riau.

Salah satu Mahasiswa KKN UNRI menjelaskan bahwa Eco Enzyme memiliki tujuan yang sangat penting, Yaitu untuk mengurangi beban bumi, Secara tidak langsung juga dapat membuat masyarakat setempat untuk menerapkan gaya hidup minim kimia sintetis, Contohnya Eco Enzyme yang dapat dijadikan sebagai pembersih serbaguna maupun penyubur tanaman alami.

Selain dapat dijadikan menjadi pembersih serbaguna, seperti pembersih lantai, Pembersih cuci piring, Membersihkan selokan dan pembersih serbaguna lainnya. Eco Enzyme juga dapat memberikan manfaat dalam kehidupan sehari-hari, manfaat untuk udara, air dan tanah, dan manfaat dalam dunia medis.

“Saya mewakili teman-teman KKN UNRI, Sangat berharap dengan adanya sosialisasi Eco Enzyme ini, Masyarakat sekitar dapat menggunakannya untuk mengurangi limbah atau sampah organik seperti limbah buah maupun limbah sisa sayur yang ada di Desa Pulau Palas.” Kata Husnul Mariyah, salah satu anggota KKN UNRI.

Ada 10 orang mahasiswa mahasiswi KKN UNRI yang tergabung dalam kelompok KKN ini, diantaranya, Amalia Kusumaningrum (Pendidikan Bahasa Inggris), Atikah Thahirah (Manjemen), Haruka Putri (Manjemen), Husnul Mariyah (Manjemen), Khairunnisa (Manjemen), M. Mirza Aflahuzzuhdi (Arsitektur), M. Rizky Syahputra (Manjemen), Rizki Putra (Arsitektur), Siti Fatimah (Bimbingan Konseling) dan Zianal Fitri (Manjemen), dengan dosen pembimbing Sri Wahyuni Wildah, S.I.P., M.B.A.

SINKAP.info | Rls
Facebook Comments