Beranda Riau Pesisir Kepulauan Meranti TP-PKK Meranti Dilantik, Masalah Stunting dan Gizi Balita Jadi Perhatian Khusus

TP-PKK Meranti Dilantik, Masalah Stunting dan Gizi Balita Jadi Perhatian Khusus

234
Pengukuhan Ketua TP-PKK Kecamatan Se-Kabupaten Kepulauan Meranti, bertempat di Aula Kantor Bupati Meranti, Selasa (21/1).

MERANTI, Sinkap.infoKetua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Meranti Hj. Nirwana Sari menekankan untuk dapat menjalankan 10 tugas pokok PKK yang menjadi dasar dalam penyusunan program.

Hal ini disampaikan pada sambutan prosesi pelantikan yang diawali dengan pengucapan sumpah dan penandatanganan berita acara oleh Ketua TP-PKK Kecamatan Se-Kabupaten Kepulauan Meranti, bertempat di Aula Kantor Bupati Meranti, Selasa (21/1/2020).

Dan yang paling menjadi perhatian ditahun 2020 ini menurut Nirwana Sari adalah penuntasan masalah Stunting atau gizi buruk pada bayi yang menyebabkan pertumbuhan balita menjadi tidak normal.

“Masalah Stunting di Meranti telah menjadi isu Viral untuk itu saya minta kepada TP-PKK Kecamatan dan Desa dapat lebih fokus untuk menangani masalah ini,” ujar Nirwana.

Dikatakan Nirwana Sari yang juga Legislator DPRD Meranti Dapil Tebing Tinggi, perlu dibentuk Dasa Wisma PKK yakni sebuah kelompok ibu-ibu yang berasal dari 10 KK yang saling bertetangga. Tugas Dasa Wisma melakukan pendataan warga yang lahir, jumlah ibu hamil, jumlah kematian ibu dan anak dan lainnya.

MENARIK DIBACA:  Cegah Covid-19,  AK Selatpanjang Serahkan Bantuan APD Desa Bandul

“Nantinya Kelompok Dasa Wisma ini akan melakukan pendataan, pengumpulan dana, serta melaksanakan tertib administrasi pelaksanaan kegiatan PKK yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan dan kesehatan keluarga,” jelas Nirwana.

Sementara itu, Plh. Sekdakab. Meranti Bambang Supriyanto SE MM, dalam sambutannya berharap kegiatan ini jangan hanya sebatas seremonial saja tapi dapat diteruskan dengan melakukan aksi nyata diwilayah TP-PKK masing-masing.

Masalah Stunting di Meranti menurut Bambang bukan saja disebabkan oleh kemiskinan tapi lebih pada prilaku dan pola pikir masyarakat yang belum memahami soal gizi balita. Untuk itu sosialisasi dari para pengurus PKK sangat diperlukan.

“Nantinya kita akan mencoba menyelaraskan program TP-PKK dengan berbagai kegiatan yang ada di OPD, semoga dengan dukungan TP-PKK Meranti pencapaian Visi dan Misi daerah akan mudah diwujudkan,” pungkas Bambang.

MENARIK DIBACA:  Bertambah Satu Warga Meranti Suspect COVID 19, Misri: Hasil Rapid Test (+)

Untuk diketahui, Adapun Tim Pengurus-Penggerak Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kecamatan sekabupaten Kepulauan Meranti yang dilantik dalam pengukuhan itu adalah Marda Frikayana S.Sos. Kecamatan Tebing Tinggi, Suharni S.Ag. Kecamatan Tebing Tinggi Timur , Febriyani AMd. Kecamatan Merbau, Norhayati MPd. kecamatan Pulau Merbau, Sri Ramnawati MPd. Rangsang Pesisir, Sri Wahyuni M.Ip. Rangsang Barat, Neli Artati A. Ma. Rangsang.(*)

Humaspro |Editor: MKh
Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here