Sen. Agu 26th, 2019

SINKAP

Suara Anak Bangsa

Apa itu Domain, Hosting dan WordPress? Simak 3 Langkah Awal Membuat Website

SINKAP — Ada 3 keharusan yang harus anda mulai jika ingin membuat sebuah website, disini saya menjelaskan langkah yang harus anda ikuti untuk membuat web yang memiliki tingkat kepercayaan bagi pengunjung. Tanpa dipungkiri tujuan utama membuat website adalah untuk menarik sebanyak mungkin pengunjung di situs web anda. Banyak faktor yang mendukung untuk meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap website yang anda buat terutama menjadi peringkat teratas di pencarian google sehingga setiap orang yang butuh pencarian di mesin google langsung tertuju ke website anda. Berikut ulasan langkah-langkah yang harus anda ikuti:

  1. Anda harus membeli Domain, Apa itu domain?

Tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan nama google.com, gmail.com, yahoo.com, facebook.com, youtube.com dan sebagainya. Nah nama yang saya garis bawahi diatas itulah jawaban yang disebut situs domain. Nama domain ditentukan sendiri oleh pengelola yang memulai hingga mengelola situs website menjadi terkenal. Domain silahkan anda tentukan sendiri dengan membeli diberbagai penyedia domain berbayar, anda tinggal memilih domain ternama seperti .com .co.id .net .info .org. Silahkan anda beri nama dengan singkat dan mudah diingat orang banyak, saran saya jangan memberikan nama terlalu panjang dan membuat sulit orang mengingatnya. Contoh situs domain ingat.com Secara singkat domain sama diibaratkan saat anda ingin membuka toko, anda harus memberi nama dan membuat plang toko yang mudah di ingat pelanggan.[lightbox thumb=”https://sinkap.info/wp-content/uploads/2018/04/pengertian-domain-hosting.jpg”]

  1. Pilih Hosting sesuai kebutuhan anda, Apa itu Hosting?
MENARIK DIBACA:  Cara Mengubah Akun Google Adsense Hosted ke Non Hosted

Hosting yang anda pilih juga berbayar, harganya tergantung kapasitas yang anda pilih 500 MB atau 1 GB untuk professional. Penjelasan hosting secara mudah adalah tempat penyimpanan data secara online seperti artikel yang disertai gambar, video, aplikasi, program, script, atau database. Hosting saya jabarkan sama seperti sebuah bangunan ruko yang anda sewa, tentunya setelah anda membuat plang toko tidak mungkin tanpa bangunan ruang toko yang harus anda miliki untuk menempatkan barang yang akan anda jual. Setelah anda memiliki nama dan plang ruko (domain) silahkan menyewa luas bangunan ruko sesuai kebutuhan anda sehingga mudah bagi anda untukmemasukkan barang dagangan anda seperti sepatu, baju, tas, dan lainnya di tempat bangunan ruko anda (hosting).

  1. Instal WordPress, di cPanel Layanan Domain Hosting anda.
MENARIK DIBACA:  Agar Website Banyak Pengunjung, Berikut Solusi dari Para Master

Sebenarnya banyak pilihan fasilitas untuk mendesign ruangan tampilan bangunan ruko anda, yang terpopular saat ini seperti WordPress atau blogger. Saran saya untuk kemudahan anda adalah wordpress dengan kelebihan fasilitas plugin yang diberikan tanpa menggunakan kode html. Jadi WordPress adalah ruangan kerja anda untuk mengelola situs website anda, dimulai dari mempercantik tampilan halaman website, memasukkan tulisan artikel, upload gambar dan video hingga memanfaatkan pemasangan plugin untuk meningkatkan kepecayaan website anda dimata pencarian google.

Setelah 3 langkah diatas anda lewati, selamat belajar dan fokus untuk mengelola situs website! Harapan kita sama semoga website anda menjadi ternama di mata pengunjung kedepannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »