Beranda KOLOM Bagi Anda yang Tinggal di Daerah Kepulauan, Simak Peluang Usaha Aneka Ragam...

Bagi Anda yang Tinggal di Daerah Kepulauan, Simak Peluang Usaha Aneka Ragam Olahan Ikan Laut

201
0
Olahan Ikan
Foto: Antara-Hasil tangkapan Laut
Olahan Ikan
Foto: Antara-Hasil tangkapan Laut

Sinkap-Kawasan perairan yang dikelilingi lautan menjadi sumber penghasilan bagi anda yang ingin mencoba dan menekuni usaha beraneka ragam dari hasil olahan ikan laut. Ikan menjadi sumber pendapatan baru bagi anda dengan pertimbangan salah satunya ikan merupakan sumber pangan yang sangat digemari oleh masyarakat. Sebelum anda memulai usaha olahan ikan, sebaiknya anda lakukan pengamatan dipasar tempat anda tinggal seperti:

  1. Olahan ikan apa saja yang belum dijual dan sudah dipasarkan
  2. Seberapa besar permintaan kebutuhan olahan ikan dipasaran
  3. Jenis olahan ikan apa saja yang banyak dijual
  4. Berapa jenis olahan aneka ragam ikan yang sudah dipasarkan

Setelah anda melakukan survei dilapangan, anda dapat menentukan sendiri pilihan jenis olahan yang akan anda jadikan usaha nantinya. Olahan aneka ragam makanan dari ikan bisa dikerjakan siapa saja baik bapak-bapak maupun ibu rumah tangga, bisa diolah oleh nelayan ataupun bukan dari seorang nelayan. Berikut beberapa peluang usaha aneka ragam olahan ikan yang bisa anda jadikan peluang usaha:

Usaha Olahan Ikan Asin

Olahan ikan laut yang dulunya kedengaran popular hanya dinikmati oleh orang desa, sekarang sudah bergeser menjadi kegemaran santapan bagi daerah perkotaan juga. Diberbagai rumah makan dan resto juga menyajikan olahan ikan asin. Tak disangka Ikan asin saat ini juga bersaing harga dipasar dengan tawaran yang tinggi, semakin banyak permintaan dipasar menjadi celah bagi anda yang ingin menekuni produksi ikan asin dari tangkapan ikan laut. Bahan baku ikan yang bisa anda olah seperti ikan tenggiri, ikan kakap, ikan kembung, ikan biang dan ikan lainnya.

Usaha Olahan Ikan Salai

Ikan sangat mudah membusuk jika terlalu lama tidak diolah, salah satu cara untuk mempertahankan ikan agar tetap memiliki nilai harga jual selain dijadikan ikan asin, ikan juga bisa diolah dengan cara pengasapan. Selain memperpanjang keutuhan ikan yang diolah, pengasapan juga akan mengurangi bau amis ikan dan menambah cita rasa ikan laut. Jenis ikan salai yang sudah merakyat digemari masyarakat seperti ikan pari dan ikan tuna. Anda dapat mencoba ikan lainnya untuk mendapat taste yang berbeda.

MENARIK DIBACA:  Membangun Meranti Strategis Hasil Riset Sektor Basis Prioritas

Usaha Olahan Ikan Bakar

Biasanya kita sudah tidak asing lagi dengan olahan ikan bakar yang bisa disajikan didapur rumah tangga, selain itu yang dikenal adalah olahan ikan bakar air tawar seperti ikan Lele, Nila dan Gurami. Nah, Ikan laut tentunya memiliki cita rasa tersendiri yang lebih lezat jika kita sajikan dengan bumbu dan rempah yang pas dilidah. Jika anda berani mencoba dan pandai mengolah ikan bakar dengan rasa yang spesial maka konsumen anda akan terus berkunjung dan tak sabar menanti untuk mencicipi olahan panggang ikan bakar anda.

Usaha Olahan Ikan Laut Presto

Masih asing dengan Ikan laut presto? Olahan ikan laut satu ini memang memiliki cita rasa yang tinggi, resapan bumbu yang terasa menyerap didaging ikan yang anda sajikan. Cara pengolahan ikan laut presto memasaknya dengan menggunakan uap air yang dipanaskan, uap air yang panas inilah yang menjadikan rasa ikan laut presto berbeda dengan ikan laut yang dikukus. Bumbu presto cukup sederhana untuk diramu seperti bawang putih, garam, kunyit. Inovasi bumbu berkelas untuk menghasilkan rasa presto yang lebih lezat lagi bisa anda pelajari dari beberapa chef resto ternama.

Usaha Olahan Ikan Nuget

Nuget yang biasa kita jumpai berbahan makanan dari daging sapi, makanan cepat saji ini memiliki sumber protein hewani yang cukup digemari dari anak-anak hingga orang tua. Bagaimana dengan olahan nugget dari Ikan laut? Ikan laut cukup banyak bermanfaat bagi tubuh kita selain protein ikan juga mengandung omega 3 yang cukup baik untuk dikonsumsi anak-anak, tentunya dengan cara pengolahan yang benar. Dibeberapa wilayah permintaan akan olahan ikan laut jenis nugget saat ini cukup tinggi, permintaan produk nugget ayam dan sapi masih mengusai pasaran sedangkan untuk nugget ikan masih sedikit yang menekuninya, ini merupakan peluang usaha yang bisa dimanfaatkan.

MENARIK DIBACA:  Menjadikan Anak Pintar, Lakukan Cara Ini

Usaha Olahan Kerupuk Ikan

Makanan ringan santai yang biasa menjadi cemilan merakyat terbuat dari kerupuk sudah banyak dinikmati masyakarat, hingga sekarang permintaan cemilan kerupuk ini masih belum sepi dari penikmatnya. Kerupuk yang biasanya berbahan tepung bisa anda olah menjadi cita rasa kerupuk berbahan daging ikan laut seperti kerupuk ikan tenggiri, ikan lomek dan sebagainya.

Usaha Olahan Abon Ikan

Bukan hanya daging sapi yang bisa dijadikan abon, Ikan laut juga bisa diolah menjadi abon penambah selera rasa. Abon terbuat dari serat daging yang mirip seperti ampas kelapa dalam kondisi kering. Bahan baku pembuatan abon ikan laut masih terbilang langka yang menekuni usaha ini, bagi anda yang memiliki semangat untuk membuka usaha silahkan mencoba olahan ikan menjadi abon ikan. Abon ikan bisa dijadikan taste roti abon, roting kering abon, pastel abon ikan laut dan sebagainya.

Demikian sajian olahan ikan yang menjadi peluang anda untuk membuka usaha, terutama bagi anda yang tinggal didaerah kepulauan yang dikelilingi oleh hamparan laut. Kuliner Olahan ikan laut bisa mengundang wisatawan untuk mencicipi produk olahan cita rasa berbahan ikan laut. Semoga bisa menjadi inspirasi dan inovasi bagi anda. (admin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here