Plt Bupati Asmar Berkomitmen Menindaklajuti Arahan Presiden Jokowi

NASIONAL1256 Dilihat

JAKARTA, SINKAP.info – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H. Asmar, menghadiri acara Penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara serta Penyerahan Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI). Acara ini berlangsung di Jakarta Convention Center, Senayan, pada Senin (8/7/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, beserta jajaran kabinet. Ketua BPK RI, Dr. Isma Yatun, secara langsung menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2023 kepada Presiden Joko Widodo.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menekankan bahwa predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) bukan merupakan prestasi, melainkan kewajiban.

“Sering saya sampaikan, WTP bukan prestasi, tapi WTP adalah kewajiban menggunakan, menjalankan, dan mempertanggungjawabkan APBN dan APBD secara baik,” ujar Presiden.

Presiden Jokowi juga menyerukan agar pemerintah pusat dan daerah terus berupaya memperbaiki prosedur birokrasi yang rumit serta mendorong reformasi struktural. Hal ini, menurutnya, penting untuk memastikan pemerintahan berjalan lebih efektif, efisien, dan berorientasi pada hasil. Selain itu, Jokowi meminta agar para kepala daerah menjaga inflasi di masing-masing wilayah serta menindaklanjuti setiap rekomendasi dari BPK demi pengelolaan APBD dan APBN yang lebih baik.

“Di tengah pertumbuhan ekonomi global yang melambat akibat krisis ekonomi dan geopolitik, kita patut bersyukur bahwa ekonomi Indonesia tumbuh sebesar 5,11 persen pada kuartal pertama tahun ini. Oleh karena itu, kita harus fokus dan memanfaatkan setiap peluang untuk kemajuan negara ini,” tegas Jokowi.

Setelah acara tersebut, Plt Bupati Asmar menyatakan komitmennya untuk menindaklanjuti arahan Presiden dan menjadikan rekomendasi BPK RI sebagai perhatian utama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Tentu kita akan menindaklanjuti apa yang menjadi arahan dan perhatian Bapak Presiden, sebagaimana yang telah kita laksanakan selama ini,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti, Fauzi Hasan, juga turut hadir bersama Plt Bupati Asmar.

Komentar