Tokoh Pendidikan Jawa Timur Sukses Launching Himmah Foundation

DAERAH878 Dilihat

SURABAYA, SINKAP.info- Sejumlah tokoh pendidikan di Provinsi Jawa Timur sukses menggelar Reuni Akbar Alumni Sekolah Menengah Atas (SMA) Ma’had Ar Rohmah Putra-Putri Malang, Ma’had Al-Izzah Batu dan Ma’had Luqman Al-Hakim Surabaya, Sowan Kyai serta launching Himmah Foundation.

Acara yang berlangsung di Masjid al-Madani, Perumahan Pakuwon City, Surabaya dihadiri juga; Prof. Ir. Joni Hermana, M.Sc.ES., Ph.D. Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) periode (2014-2019), Dr. Ali Imron, pendiri Al-Izzah Boarding School, Batu, Abdul Kodir Baraja, Tokoh pendidikan, Surabaya, Drs. Aep Syaifudin, pengurus P.P Hidayatullah, Surabaya.

Dalam sambutannya, Dr. Ali Imron, selaku inisiator, memaparkan, terbentuknya Himmah Foundation, sebagai saluran dari keresahan para tokoh Jawa Timur, terhadap persoalan sekaligus tantangan akibat globalisasi yang terjadi saat ini.

“Perubahan dunia sekarang melahirkan banyak tantangan, termasuk perubahan geopolitik dunia yang mempengaruhi sistem sosial-budaya. Sehingga membutuhkan generasi-generasi berkarakter Al-Quran dengan pendekatan yang holistik dan terpadu dalam mengatasi tantangan ini, ” Ulas peraih gelar doktor pendidikan UIN Malang ini.

Penguatan jati diri generasi muda, sambung tokoh asal Gresik, Jawa Timur ini, yang bermartabat, sebagai ummat Islam yang rahmatan lil Al-Amin dari tarikan pengaruh sosial budaya zaman medsos, menjadi keniscayaan untuk diangkat sebagai program yang relevan untuk menuju Indonesia Emas 2045.

Sementara itu, dihubungi secara terpisah, Indra Rouf, S.Pd.I, selaku Ketua Himmah Foundation (HF), memaparkan, bahwa diantara program (awal) yang akan digulirkan di organisasi yang dinakhodainya, mendirikan Rumah Peradaban untuk mahasiswa dan juga berusaha proaktif dalam penelitian dan kajian strategis, khususnya dalam bidang kepemimpinan.

“Poin pentingnya, kita ingin benar-benar menyiapkan generasi emas Indonesia 2045, sehingga, mereka yang menjadi pemimpin di masa mendatang, benar-benar profesional dan berintegritas. Kita siapkan dari sekarang, dengan membersamai mereka dalam rumah peradaban, inkubator kepemimpinan, penelitian dan kajian strategis kebangsaan dan gerakan gerakan kemitraan dalam bidang sosial ekonomi, ” Ujarnya sebagainana kegiatan ini berjalan belum lama ini.

Selain dihadiri para tokoh Jawa Timur, acara Launching Himmah dihadiri oleh ribuan peserta, yang terdiri dari alumni pesantren, mahasiswa beberapa kampus di Surabaya dan Malang, dan jamaah masjid al Madani, Pakuwon City, Surabaya pada 28/03.

Salah satu peserta reuni akbar dan launching HF, Sirojudin Kholil Muhammad, mahasiswa UNAIR jurusan Biomedical Engineering, mengapresiasi acara tersebut untuk menjalin silaturrahim antar generasi alumni dan antar sekolah (ma’had), juga sebagai bahan refleksi untuk generasi muda yang akan datang.

Himmah Foundation mengajak seluruh talenta muda (mahasiswa) Indonesia, untuk ikut serta dalam mewujudkan Pemimpin Indonesia yang berkarakter.

SINKAP.info | Laporan: Mas Andre Hariyanto

Komentar