Majukan UMKM, KKN UNRI Tembilahan Hulu Mengenalkan Cara Penggunaan Market Place Pada Pelaku UMKM

Tembilahan101 Dilihat

TEMBILAHAN HULU, SINKAP.info – Mahasiswa KKN UNRI mengenalkan penggunaan market place dengan pemilik UMKM pada Car free day yang dilakukan di Jl. Swarna Bumi pada Ahad, (17/07) pagi.

Pada era globalisasi, Kecanggihan teknologi semakin pesat. Dulu nya belanja kebutuhan sehari-hari, Kuliner dan lain-lain harus datang ke toko atau tempat penjual. Tapi dengan berkembangnya zaman semua yang di ingkinkan dapat dimiliki hanya bemodalkan ponsel dan uang. Hal tersebut dapat tercapai melalui sebuah perantara yaitu sebuah aplikasi. Dimana aplikasi itu dapat menghubungkan antara penjual dan pembeli melalui media sosial.

Beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan belanja online diantara nya adalah Market Place (Facebook). Seperti yang kita ketahui marketplace merupakan suatu sistem belanja online yang mana dimedia tersebut tidak hanya sekedar membantu memasarkan barang atau produk yang dijual saja, Namun melayani juga dengan memfasilitasi transaksi secara online. Marketplace ini merupakan sebuah website atau aplikasi mobile sebagai wadah bagi para penjual untuk menjual produk-produknya.

Marketplace disini dijadikan pihak perantara yang dapat mempertemukan para penjual dan para pembeli didalam web tersebut. Marketplace memiliki sistem tersendiri yang dapat mengatur puluhan bahkan ratusan produk yang ingin dijual. Oleh karenanya, Marketplace ini dapat dijadikan solusi alternatif bagi pembisnis pemula yang ingin berjualan secara online.

Dengan permasalahan penjual ialah kurangnya costumer dan kurang terkenalnya usaha yang di jalani maka KKN UNRI membantu membangun pondasi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan cara Mahasiswa UNRI melakukan  Penyuluhan dalam  penggunaan market place kepada pemilik UMKM. Megingat di zaman era globalisasi ini yang dimana kita tidak lepas dari dunia maya, Mahasiwa KKN UNRI menjelaskan bagaimana cara untuk pemasaran suatu produksi dengan mudah praktis dan tidak membuang biaya yang besar.

Maka mahasiwa memberi suatu solusi yaitu pengenalan market place yang berupa suatu apilkasi yang dapat digunakan olehpemilik UMKM yaitu suatu media sosial berupa facebook untuk memasarkan suatu produk yang akan dipasarkan untuk masyarakat luas. Keunggulan market place ini adalah mudah diakses olehmasyarakat luas dan biaya yang dikeluarkan juga sangat kecil, Sehingga siapapun yang meniginginkan suatu produk yang dipasarkan oleh pemilik UMKM didapatkan dengan mudah dan praktis market place juga memantau perkembangan bisnis, Mulai dari jumlah penjualan, Banyaknya pelanggan yang mengunjungi lapak, Efektivitas iklan, dan banyak lagi.

Adapun dampak positif bagi penjual dengan menggunakan marketplace membuat produk yang dijual oleh penjual lebih dikenal oleh banyak orang dan juga menjadi lebih banyak pelanggan. Selain melakukan pengenalan aplikasi market place mahasiswa KKN UNRI juga ikut serta membantu dalam proses pembuatan dan pengemasan produk.

“Dengan perkenalan market Place ke para pengusaha UMKM saya berharap pendapatan pengusaha tersebut bertambah karena semakin mudah nya masyarakat mengakses atau mendapatkan barang yang diinginkan”, ucap Rinaldi.

Jenis usaha yang dibantu oleh mahasiswa berupa kuliner yang diberi nama dengan “BOMBOLONI”. Bomboloni adalah makanan dimana bahan dasar yang digunakan yaitu tepung  terigu, Susu sehingga cipta rasa kuliner ini sangat diminati oleh masyarakat.

“Dengan informasi yang didapatkan dari pengenalan market place pengetahuan para pengusaha disini bertambah terutama saya”, ucap Pemilik usaha Bomboloni.

Untuk diketahui, Tim KUKERTA Balek Kampung Gelombang 3 Universitas Riau Kelurahan Tembilahan Hulu 2022 dengan anggota lengkap, Rinaldi dwi Cahya (Manajemen Sumber Daya Perairan) sebagai Ketua, Kelvin Bakhri (Manajemen Sumber Daya Perairan) sebagai Wakil Ketua, Rahayunita (Akuntansi) sebagai Sekretaris  1, Resti Haryati (Fisika) sebagai Sekretaris 2, Riska Wati (Pendidikan Ekonomi) sebagai Bendahara, Nur Annisa (Manajemen Sumber Daya Perairan) sebagai HID, Nia Reski (Manajemen Sumber Daya Perairan) sebagai HID, Dikin Rahmadin (Manajemen Sumber Daya Perairan) sebagai Korlap, Puan Luthfi Azizah (Akuntansi) sebagai Humas, Hanna Margaretta Hutagalung (Manajemen Sumber Daya Perairan) sebagai Humas, Menjalankan kegiatan KUKERTA dengan bimbingan dan arahan dari dosen pembimbing lapangan Ibu Julita Saidi, SE., M.Si., Ak., CA.

SINKAP.info | Rls