Beranda RIAU Siak Sri Indrapura

Kukerta UNRI 2022 Melakukan Eksplorasi dan Pembagian CHSE Kepada UMKM Kampung Dayun

163

SIAK, SINKAP.info – UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. Di desa Dayun sendiri, terdapat berbagai UMKM yang sangat khas dan popular. Beberapa diantaranya adalah Batik Enam Sembilan, KTH Cemerlang, dan The Zamrud Kitchen. Umkm tersebut berkembang dengan menjalin kerja sama dengan Embung Terpadu, yang mana merupakan pusat wisata kampung Dayun.

Pada saat Tim Kukerta melakukan kunjungan dan eksplorasi di pusat pembuatan Batik Enam Sembilan, Tim Kukerta di sosialisasikan dan diajarkan cara membuat batik dengan cetakan manual, kemudian setelah dicetak, pola-pola tersebut harus dilukis kembali agar pola yang sudah dicetak dapat ditebalkan. Untuk proses berikutnya adalah pewarnaan yang dilanjutkan dengan penjemuran.

Lanjut pada kunjungan dan eksplorasi KTH Cemerlang. KTH Cemerlang merupakan UMKM yang memproduksi berbagai olahan. Diantaranya yang paling banyak diminati adalah Bandrek, Dodol Nanas, dan Dodol Labu. Eksplorasi yang dilakukan Tim Kukerta terdiri atas 3 aspek, 1. Aspek produk, pengembangan produk, dan pengembangan masyarakat, 2. Aspek manajemen, pemasaran, dan riwayat produk, 3. Aspek kualitas produk.

Kunjungan dan eksplorasi yang terakhir adalah The Zamrud Kitchen. The Zamrud Kitchen memproduksi Jelly Semangka, Brownis Semangka, Sirup Semangka, Selai Semangka,

Ketan Talam, dan Lapis. Untuk eksplorasi, lebih kurang Tim Kukurta lakukan sama dengan eksplorasi sebelumnya.

Apabila suatu daerah memiliki produk unggulan dan memperoleh dukungan pemerintah daerah, maka produk tersebut memiliki daya saing dan potensi untuk dikembangkan di pasar regional. Pada produk ungulan tersebut telah melekat inovasi yang memiliki daya saing sehingga dapat bersaing di pasar.

Untuk mengakhiri kunjungan, Tim Kukerta membagikan CHSE sebagai bentuk kepedulian dan ajakan agar dapat lebih menjaga kebersihan dan kesehatan. Diharapkan kedepannya UMKM-UMKM yang ada di desa Dayun dapat lebih berkembang dan membawa dampak positif bagi masyarakat.

SINKAP.info
Facebook Comments