Beranda RIAU Kepulauan Meranti

Imbauan Prokes dan Vaksinasi Covid-19 Disampaikan Khatib kepada Jemaah Salat Jumat

133

MERANTI, SINKAP.Info – Sebagai salah satu ikhtiar memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ditengah masyarakat, Polres berkoordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kepulauan Meranti dalam menyampaikan imbauan protokol kesehatan (prokes) dan vaksinasi ke seluruh masjid di kota Selatpanjang, saat ibadah salat Jumat.

Koordinasi berlangsung di kantor MUI jalan Siak, Selatpanjang, Jumat (11/02) pagi, oleh Kasat Binmas AKP Jamaluddin, bersama Banit Bintibmas Polres Briptu Ridho Arianto yang disambut langsung Ketua MUI, H Mustafa.

“Imbauan prokes dan vaksinasi ini perlu disampaikan secara bersama. Apalagi MUI sebagai wadah bersama majelis dakwah Indonesia di Meranti. Didalamnya juga tergabung para ustad yang berperan sebagai khatib saat ibadah salat Jumat. Ini dinilai lebih efektif, sehingga pesan langsung di dengar masyarakat,” ungkapnya.

Jadi, sebut Kasat Binmas, perlunya peran serta para Khatib salat Jumat ketika usai khotbahnya untuk dapat melakukan himbauan kepada para jamaah agar senantiasa mematuhi prokes, terutama memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Kemudian, lanjutnya lagi, imbauan terkait vaksinasi sebagai bentuk kepedulian terhadap jemaah Jumat juga perlu disampaikan. Baik itu dosis 1, 2, dan 3, serta vaksinasi bagi anak-anak usia 6-11 tahun. Dimana, yang masih belum di vaksin bisa langsung mendatangi lokasi dan fasilitas pelayanan kesehatan yang ada dan gerai vaksin center Polres di Polsek Tebingtinggi.

Menanggapi permintaan dari pihak Polres tersebut, Ketua MUI Kepulauan Meranti, H Mustafa menyatakan siap mendukung dan berpesan kepada seluruh khatib salat Jumat agar menyampaikan imbauan prokes dan vaksinasi tersebut saat berkhotbah.

“Kita tentunya mendukung. Ini untuk kebaikan bersama yang perlu disampaikan kepada masyarakat, terutama oleh khatib saat khotbah salat Jumat. Mudah-mudahan dengan ikhtiar ini, kita semua tidak terjangkit virus Corona,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH, dalam berbagai kesempatan terus mengajak semua masyarakat untuk bersama-sama mematuhi prokes 5M Covid-19, serta menyukseskan vaksinasi untuk menuju herd immunity di daerah ini.

“Diharapkan seluruh masyarakat senantiasa mematuhi prokes dengan menerapkan 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas). Ini sebagai upaya kita bersama agar tidak terpapar virus Corona. Bagi yang belum vaksin untuk semua dosis, silahkan vaksin di lokasi dan faskes yang ada,” imbaunya.

SINKAP.Info |Laporan: Satria afandi
Facebook Comments