Beranda RIAU Kepulauan Meranti

Mahasiswa KUKERTA UR Serahkan Tong Sampah dan Hand Sanitizer Sistem Injak

266

MERANTI, SINKAP.info – Pemerintah telah mengumumkan berbagai kebijakan dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19 melalui kebiasaan hidup sehat. Kebiasaan tersebut diantaranya adalah rajin mencuci tangan, menggunakan masker, hand sanitizer, menjaga jarak, dan menerapkan pola hidup sehat.

Saat ini, keberadaan hand sanitizer menjadi tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Salah satunya adalah di Kelurahan Selatpanjang Timur, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Kantor lurah yang beralamat di jalan Dorak menjadi tempat pelayanan publik bagi masyarakat Selatpanjang Timur. Berbagai kegiatan seperti posyandu balita, posyandu lansia, arisan Ibu-Ibu PKK, hingga pembagian bantuan sosial diselenggarakan di Kantor Lurah.

Berdasarkan hal tersebut, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) Universitas Riau Tahun 2021 tertarik untuk membuat tempat hand sanitizer dengan sistem injak. Di mana, hand sanitizer dengan sistem injak ini merupakan alat yang berfungsi untuk menjaga kebersihan tangan dari berbagai virus dan kuman tanpa tercemar tangan orang lain yang menggunakan alat yang sama.

Selain penggunaan hand sanitizer, menjaga kebersihan lingkungan juga menjadi bagian penting dari penerapan pola hidup sehat. Sampah-sampah yang berserakan tentunya dapat memunculkan virus dan kuman yang akan berdampak pada kesehatan. Mengingat saat ini kasus Covid-19 semakin meningkat, pembuatan tempat sampah organik dan anorganik menjadi langkah yang tepat atas persoalan yang terjadi.

Pihak kelurahan mengapresiasi pemberian yang diberikan oleh Mahasiswa KUKERTA pada tanggal 9 Agustus 2021 di Kantor Kelurahan Selatpanjang Timur. Sementara untuk proses pembuatannya dilakukannya pada tanggal 3 Agustus 2021 di Posko Kukerta.

“Semoga tempat hand sanitizer dengan sistem injak dan tempat sampah organik dan anorganik dapat bermanfaat bagi seluruh pihak, tidak hanya pihak kelurahan tetapi juga bagi masyarakat,” ungkap Ardath selaku Lurah Selatpanjang Timur.

Dengan adanya hand sanitizer sistem injak dan tempat sampah organik dan anorganik yang ditempatkan di Kantor Kelurahan ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat untuk beraktivitas di luar ruangan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Keseluruhan kegiatan pembuatan hingga penyerahan tempat hand sanitizer dengan sistem injak dan tempat sampah organik dan anorganik yang dilakukan Mahasiswa KUKERTA Kelurahan Selatpanjang Timur Tahun 2021 di bawah bimbingan Bapak Baskoro Wicaksono, S.IP, M.IP, selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Facebook Comments