Beranda RIAU Kepulauan Meranti

Partisipatif Pemuda dalam Pilkades 2021, Satria Afandi Siap Mencalonkan Diri

763

SELATPANJANG, SINKAP.info – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2021 di Kabupaten Kepulauan Meranti sebentar lagi akan di mulai. Para Cakades (Calon Kepala Desa) sudah bergegas mempersiapkan pencalonan menjadi orang nomor 1 di desanya masing-masing.

Menariknya, pada Pilkades serentak kali ini banyak generasi muda yang ikut berpartisipasi dalam kontestasi pemilihan kepala desa. Tak sedikit dari calon kepala desa yang muda di Kabupaten kepulauan Meranti adalah generasi muda berusia produktif.

Salah satunya Satria afandi, saat dikonfirmasi ia mengatakan, saat ini banyak bermunculan Kepala Desa yang usianya di bawah 30 tahun (usia produktif). Hal ini memang sudah waktunya karena usia produktif masuk dalam bonus demografi, dimana generasi muda produktif akan lebih banyak dan mendominasi dibanding usia non produktif.

“Saya rasa sekarang ini kaum generasi mudalah maju kedepan untuk memajukan desa nya sendiri, kaum muda sudah mulai sadar tentang bagaimana membangun sebuah desa. Pemuda mulai ingin terlibat dalam proses pembangunan,” kata Satria Afandi kepada media ini, Jumat (9/7).

Untuk diketahui, Satria Afandi memang sudah kerap kali aktif diberbagai bidang keorganisasian di kabupaten kepulauan Meranti, bahkan sebelumnya ia juga tergabung dan menjadi Sekjen Relawan Donor Darah Meranti (RD2M) di Kabupaten kepulauan Meranti.

Berbekal niat yang kuat berpartisipasi dalam pencalonan kepala Desa di Lukun, Satria berkeinginan dan semangat untuk mengabdi dan memajukan desanya.

“Setelah terpilih menjadi Kepala Desa Lukun nanti, saya ingin mengajak generasi muda untuk melakukan pembangunan ekonomi dengan melibatkan perkembangan teknologi,” ujarnya.

“Kita tahu bahwa di Desa banyak generasi muda yang memiliki potensi untuk mengembangkan ekonomi, salah satunya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital seperti memasarkan potensi lokal yang ada di desa Lukun tersebut,” tambahnya.

Ia juga berpesan kepada generasi muda yang lainnya di Kabupaten Meranti untuk tidak anti terhadap politik melainkan berani terlibat untuk bisa ikut menentukan arah kemajuan bangsa ini yang dimulai dari tingkat desa.

“Saya harap generasi muda harus lebih berani terlibat dalam proses politik, terutama dalam membangun desanya masing-masing. Jangan takut memberikan gagasan-gagasan untuk membangun bangsa yang dimulai dari membangun desa yang kita cintai,” pungkas Satria Afandi.

SINKAP.info | Laporan: Mhd Mansur
Facebook Comments