Beranda SUMATERA UTARA Pematangsiantar

Mengisi Ramadhan 1442, Mesjid Raya Pematangsiantar Adakan Kultum Ba’da Dzuhur

268

PEMATANGSIANTAR, Sinkap.info – Mengisi bulan suci Ramadhan 1442 H Mesjid raya Pematangsiantar mengadakan program kuliah tujuh menit (kultum), kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin sampai Kamis setiap Minggu nya setelah selesai sholat Dzuhur .

H Drs Nasril Jambak selaku imam mesjid raya mengutarakan Program kultum ini bertujuan untuk menambah pengetahuan serta  meningkatkan kualitas dalam beribadah selama bulan suci ramadhan.

“Bulan suci Ramadhan terdapat salah satu nama yaitu syahrul ibadah makna nya ibadah yang dikerjakan dengan tunduk dan patuh mengikuti peraturan yang ditetapkan Allah SWT serta Sunnah nabi Muhammad SAW. Semua perintah Allah SWT senantiasa kita kerjakan dan menjauhi segala larangan-nya dengan niat dan perbuatan yang baik,” kata penceramah kultum H Drs Nasril, Selasa (20/4).

Maksud nya, terang H Nasri, ibadah yang dilaksanakan dengan baik contoh nya ibadah sholat maka gerakan nya, bacaan nya harus dengan baik dan niat dikerjakan semata mata mengharap ridho Allah SWT. Jangan seperti video yang lagi viral saat ini sholat tarawih 23 rakaat dikerjakan dalam waktu 7 menit, tentu gerakan dan bacaan nya pasti belum baik.

Dikatakannya dalam kultum, seperti ibadah puasa ramadhan yang kita kerjakan tahun ini bukan hanya mulut aja yang berpuasa dari tidak makan minum, namun mata serta pendengaran harus juga berpuasa melihat dan mendengar yang baik-baik.

Sementara menurut jamaah yang hadir, program ini sangat baik untuk menambah semangat kita beribadah apalagi di bulan suci ramadhan. Kita lihat jamaah semakin banyak yang datang sholat untuk memakmurkan masjid.

“Kita sangat bersyukur sekali mendapat kesempatan untuk mendengarkan. Alhamdulillah, kultum yang disampaikan sangat bermanfaat dan menambah semangat ibadah kita dengan sungguh sungguh sesuai tuntunan yang disampaikan,” ungkap Syawir chaniago kepada media ini.

Laporan  : Hamdan N
Editor     : MF

Facebook Comments