Beranda DAERAH SUMATERA UTARA

Wabup H. Asmar Ikuti Rakor ADPMET, Olah Potensi Alam Daerah Menjadi Energi Terbarukan

105

MEDAN, Sinkap.info – Wakil Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar didampingi Plt. Kadisperindag Meranti H. Abu Hanifah, mengikuti kegiatan Forum Daerah sekaligus silahturahmi Pengurus Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET). Bertempat di Hotel JW Mariot, Medan, Sumatera Utara, Rabu (31/3).

Hadir dalam kegiatan itu Kepala Daerah Gubernur, Bupati/Walikota di 4 Provinsi Daerah Penghasil Migas yakni Riau, Sumatera Utara, Aceh dan Provinsi Kepri.

Kegiatan ini dalam rangka melaksanakan program kerja ADPMET yang membahas berbagai hal terkait kemigasan dan energi terbarukan di Sumatera Utara, sekaligus mendengar masukan dari Anggota terhadap kendala yang dihadapi daerah dalam pengelolaan sumber daya alam migas dan energi terbarukan.

Seperti diketahui, Kepulauan Meranti memiliki banyak potensi sumber energi Migas dan energi terbarukan seperti energi matahari atau solar energi yang tidak pernah habis.

Kemudian kita juga memiliki energi air, baik laut maupun sungai yang cukup banyak.

Di samping itu, Meranti juga memiliki potensi bioenergi yang cukup besar dengan beragam tanaman yang dapat dimanfaatkan, seperti Sagu, Kelapa dan lainnya.

Perkembangan dunia saat ini menuju pada energi terbarukan, karena energi fosil kian lama makin hilang seiring kebutuhan energi yang semakin tinggi. Berbagai penemuan teknologi pun banyak memunculkan energi-energi terbarukan.

“Makin banyak manusia makin banyak kebutuhannya, kemudian makin banyak interaksi semakin banyak juga membutuhkan energi yang menjadi modal penting dalam menunjang aktifitas manusia,” ujar Wabup.

Untuk itu Wabup H. Asmas berharap dengan melakukan komunikasi intens dengan para anggota asosiasi ADPMET dapat memberikan pengetahuan kepada Pemkab. Meranti untuk dapat mengolah potensi yang ada menjadi energi terbarukan.

“Semoga melalui asosiasi ini kita mendapat pengetahuan dan teknologi untuk mengolah Potensi yang ada di Meranti menjadi energi terbarukan, dan saya yakin hal itu akan menjadi potensi yang luar biasa,” ujar Wabup H. Asmar. (Humas Pemkab. Meranti).

SINKAP.info | Rls
Facebook Comments