Beranda DAERAH RIAU

Sah Dilantik! Bupati dan Wabup Meranti Adil – Asmar Siap Wujudkan 7 Program Strategis

466
Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti, H M Adil dan H Asmar, Jumat (26/02).

PEKANBARU, Sinkap.infoGubernur Riau Drs. H. Syamsuar MSi atas nama Menteri Dalam Negeri melantik Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil SH dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar, Prosesi Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada Pilkada Meranti tahun 2020 itu dilaksanakan bertempat di Pendopo Gedung Daerah, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Jumat (26/02).

Pelantikan tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.14-361 Tahun 2021, tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 di Kabupaten dan Kota Pada Provinsi Riau.

Pelantikan dimulai dengan pembacaan SK Pelantikan oleh Kabiro Tapem Pemprov Riau H. Sudarman. Dilanjutkan dengan Pengambilan Sumpah Jabatan oleh Gubernur Riau H. Syamsuar diikuti oleh Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti terpilih. Penandatanganan Berita Acara Pengambilan Sumpah Jabatan, Pembacaan Naskah Pelantikan serta Pengambilan Petikan Naskah Pelantikan.

Mengawali arahannya usai melakukan pelantikan Gubernur Riau H. Syamsuar mengucapkan selamat atas dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti, ia meyakini masyarakat sangat bangga dan bahagia menyambut Bupati dan Wakil Bupati Kep. Meranti sebagai pemimpin yang baru.

“Untuk itu saya berharap dengan amanah yang diemban dapat membawa kemajuan yang lebih baik bagi Kabupaten yang dipimpin,” ujar H. Syamsuar.

Selanjutnya Gubri berpesan kepada Bupati dan Wakil Bupati untuk tetap fokus pada penanganan Virus Covid-19, agar ekonomi daerah segera pulih dan yang tak kalah penting demi lancarnya pembangunan daerah diperlukan sinkronisasi antara Pemerintah Pusat dan Provinsi.

Kepada Bupati dan Wakil Bupati terpilih Gubernur Syamsuar juga mengajak untuk merangkul seluruh kalangan masyarakat bersatupadu membangun daerah sehingga tercipta kesejahteraan masyarakat didaerah yang dipimpin.

“Mari rangkul semua kalangan masyarakat untuk bekerjasama membangun daerah. Ciptakan harmonisasi Program dengan Pemerintah Pusat dan Provinsi dengan tidak berjalan sendiri-sendiri agar ekonomi masyarakat cepat pulih dan pembangunan berjalan dengan lancar,”ucapnya.

Kerjasama antara DPRD dan Eksekutif juga harus terjalin dengan baik, begitu juga dengan Forkopimda. Terakhir, Gubernur Riau H. Syamsuar mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti sebelumnya, semoga sumbangsih yang diberikan kepada daerah dibalas oleh Allah SWT.

Menyikapi pelantikan dirinya, kepada Media ini, Bupati Kepulauan Meranti H Muhammad Adil SH didampingi Wakil Bupati Meranti AKBP (Purn) H. Asmar mengaku sangat takjub dengan acara pelantikan kali ini meski digelar secara sederhana ditengah Covid-19, namun berlangsung dengan hikmat dan berjalan lancar.

“Pelantikan ini sederhana namun menakjubkan serta berjalan dengan aman dan lancar,” akunya.

Kemudian terkait arahan Gubernur Riau pada saat pelantikan, diakui Bupati M Adil siap melaksanakan  khususnya dalam hal penanggulangan Covid-19 dimana Meranti sudah sangat baik yang mana saat ini dengan 0 kasus. Begitu juga dengan masalah penanggulangan Karlahut.

“Untuk Karlahut kita segera berkoordinasi dengan Forkopimda untuk mencegah terjadinya Karlahut di Kepulauan Meranti,” tambahnya.

Sementara itu, menyangkut fokus perhatian pertama yang akan dilaksanakan oleh Bupati dan Wakil Bupati Meranti H M Adil – H Asmar, dikatakan Bupati adalah mensukseskan 7 program prioritas sesuai dengan Visi dan Misi keduanya saat mencalon jadi Kepala Daerah.

Adapun Visi Misi : Menjadikan Masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti Yang Maju, Cerdas dan Bermartabat. Dengan Target Sasaran :

  1. Pembangunan Infrastruktur Dasar Kabupaten Kepulauan Meranti dengan membangun jalan penghubung dari Desa, Kecamatan hingga Kabupaten.
  2. Meningkatkan dan pemerataan kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia melalui program Beasiswa S1 sampai S3.
  3. Menjadikan RSUD Meranti sebagai Rumah Sakit Rujukan dengan konsep ketuk pintu layani dengan hati.
  4. Mencibtakan ribuan usahawan melalui pemberdayaan ribuan peternak (Sapi, Kambing, Ayam), Petani dan Nelayan dan Pelatihan Masyarakat Pada Balai Latihan Kerja Agar Mandiri dan Mampu Membuka Peluang Kerja.
  5. Menyediakan Pemenuhan Air Bersih yahg sehat dan berkualitas melalui Pembangunan dan Pengelolaan PDAM.
  6. Pelayanan Administrasi Prima yang mudah, cepat, tepat dan akurat satu hari siap.
  7. Program Keluarga Harapan bagi Masyarakat Kurang Mampu di Kepulauan Meranti.

Untuk diketahui profil Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Bupati Meranti H. Muhammad Adil SH, Putra Kelahiran Desa Alah Air 18 April Tahun 1972, memiliki Istri Ny. Rinarni M. Adil, dan 3 orang anak. H.M Adil merupakan pengusaha yang sukses didunia politik. Ia menjabat sebagai Anggota DPRD Meranti 2009-2014, dan menjabat Anggota DPRD Riau Periode 2014-2019 dan terpilih lagi untuk Periode 2019-2024. Beliau juga aktif dalam berbagai organisasi diantaranya Ketua Dewan Penasehat Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama, Ketua DPW Puja Kesuma Riau, dan Ketua Umum Fenderasi Karatedo Indonesia (FORKI) Kepulauan Meranti.

Wakil Bupati Meranti AKBP (Purn) H. Asmar, Putra Kelahiran Desa Penyagun 5 Mei Tahun 1962, memiliki Istri Ny. Ismiatun Asmar SE, dan 3 orang anak. H. Asmar merupakan Purnawirawan Polri yang sudah malang melintang bertugas di Riau yakni di Polres Indra Giri Hilir, dan Polda Riau yang mengakhiri masa tugasnya pada tahun 2018 lalu dengan pangkat terakhir Ajun Komisaris Besar Polisi.

Facebook Comments