Beranda DAERAH SULAWESI TENGAH KNPI Banggai Dukung LSM GAM Raih Anugerah KALPATARU

KNPI Banggai Dukung LSM GAM Raih Anugerah KALPATARU

229

BANGGAI, Sinkap.info Penghargaan Kalpataru adalah sebuah penghargaan yang diberikan kepada perorangan atau sekelompok orang yang telah berjasa dalam melestarikan lingkungan hidup di Indonesia.

LSM Gerakan Aktifis Manthailobo (GAM) adalah organisasi yang paling konsisten dalam mengabdi terhadap lingkungan hidup yang ada di kabupaten Banggai, bahkan hari ini di bawah komando Bung Idin massa GAM telah memberi kontribusi rill tentang pengelolaan lingkungan hidup di Banggai.

Didik DJibran Ketua KNPI Kabupaten Banggai pada media ini mengemukakan dukungannya pada LSM GAM, menurutnya GAM pantas dan layak untuk meraih penghargaan KALPATARU.

“GAM itu organisasi yang konsisten dalam pelestarian lingkungan, bahkan KNPI Banggai siap mengusulkan GAM meraih kalpataru ke kementerian lingkungan hidup” ujarnya.

MENARIK DIBACA:  Amir Tamoreka dan Furqanudin Masulili Diserbu Warga

Dikatakan Didik DJibran, penghargaan Kalpataru memiliki 4 kategori yakni kategori Perintis Lingkungan, kategori Pengabdi Lingkungan, kategori Penyelamat Lingkungan dan kategori Pembina Lingkungan.

Sama seperti penghargaan Adipura, kata  Didik, penghargaan Kalpataru juga diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup sejak tahun 1980. Untuk dapat menerima penghargaan Kalpataru, para calon atau kandidat penerima penghargaan harus memenuhi beberapa syarat.

Ketua KNPI Banggai, Didik Jibran menyebutkan Syarat-syarat kandidat penerima penghargaan yakni kegiatan yang dilakukan atas prakarsa atau inisiatif sendiri, telah menunjukkan dampak positif pada pelestarian lingkungan hidup, berdampak membangkitkan kesadaran pada masyarakat di sekitarnya dan minimal telah dilakukan selama 5 tahun serta telah ditiru oleh orang atau kelompok lain.

MENARIK DIBACA:  BSMI Banggai Gelar Kegiatan Diklat dan Deklarasi secara Kelembagaan

Dirinya berharap, LSM GAM terus bergerak dan mempertahankan eksistensinya dalam pelestarian lingkungan.

“SAPA KASIH, Sabtu Pagi Kota Bersih, ini salah satu program nyata LSM GAM bagi kabupaten Banggai, dan masih banyak lagi kegiatan positif lainnya” pungkasnya.

SINKAP.info | Laporan: Mrm

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here