Beranda BERITA Politik Perebutan Kursi Ketua Umum PAN Dimulai

Perebutan Kursi Ketua Umum PAN Dimulai

357

JAKARTA, Sinkap.info – Perebutan jabatan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) diperkirakan berlangsung seru dalam Kongres V di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). Empat kandidat akan bersaing meraih posisi puncak di partai berlambang matahari terbit tersebut.

Keempat nama itu adalah Asman Abnur, Dradjad Wibowo, Mulfachri Harahap, dan petahana Zulkifli Hasan. Tiga dari empat nama itu, yakni Asman Abnur, Dradjad Wibowo, dan Mulfachri Harahap, dikabarkan akan mendaftarkan diri Sabtu (8/2) ini di Kantor DPP PAN pada jam yang berbeda. Sementara Zulkifli Hasan memilih mendaftar saat digelarnya kongres pada Senin (10/2) di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Berdasarkan informasi yang diterima tadi malam, ada empat calon ketua umum yang akan mendaftar tanggal 8 besok. Mereka adalah Mulfachri Harahap, Asman Abnur, dan Drajat Wibowo. Adapun Zulkifli Hasan lebih memilih untuk mendaftar di Kendari pada tanggal 10 nanti,” ungkap Sekretaris Steering Committee (Panitia Pengarah/SC) Saleh Daulay dalam siaran pers di Jakarta, Jumat (7/2).

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP PAN ini menjelaskan, masing-masing kandidat dapat mendaftarkan diri sebagai bakal calon. Mereka diharapkan dapat hadir langsung untuk mengisi formulir sekaligus menandatangani beberapa surat pernyataan. Dan akan sangat baik jika bersama-sama dengan tim masing-masing.

MENARIK DIBACA:  Menteri Kabinet Indonesia Maju Terbentuk, Berikut Tujuh Pesan Jokowi

“Kalau sudah mendaftar, statusnya nanti akan menjadi bakal calon ketua umum. Setelah pengesahan tatib pemilihan, mereka nanti akan langsung ditetapkan menjadi calon ketua umum,” katanya.

Saleh menjelaskan bahwa panitia pemilihan yang ditetapkan oleh SC kongres akan membuka pendaftaran calon ketua umum DPP PAN. Pendaftaran dibuka dari tanggal 8 sampai dengan 10 Februari pukul 17.00 waktu setempat. Pendaftaran dapat dilakukan di Kantor DPP PAN di Jakarta atau di Kendari, Sulawesi Tenggara.

“Setelah ditetapkan menjadi caketum, nanti mereka akan diminta untuk menyampaikan visi dan misi dalam memimpin PAN selama 5 tahun ke depan,” tandas Saleh.

Tim Sukses (Timses) Asman Abnur, Noviantika Nasution membenarkan, Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP PAN Asman Abnur akan mendaftarkan diri sebagai calon ketua umum PAN periode 2020-2025 pada hari ini di Kantor DPP PAN di Jalan Daksa I Nomor 10, Kebayoran Baru, Jakarta.

“Besok jam 10 di Daksa, kita pendaftaran pertama,” kata Noviantika Nasution.

Menurut dia, dalam pendaftaran besok, Asman akan didampingi oleh dirinya, Waketum DPP PAN Bima Arya, Indra Gobel, dan juga beberapa orang lainnya dari tim kecil Asman Abnur.

MENARIK DIBACA:  Kembalikan Kejayaan Golkar, Iskandar Maju Sebagai Calon Ketua DPD Golkar Meranti

“Nanti ada saya, Bima Arya, ada Indra Gobel dan beberapa tim kecil saja, nggak banyak-banyak,” ujar Ketua DPP PAN itu.

Terkait persyaratan pencalonan ketum PAN periode 2020-2025, Noviantika menerangkan bahwa persyaratan yang ditetapkan cukup sederhana. Di antaranya surat kesediaan menjadi calon ketum PAN, fotokopi KTA, pernah mengikuti jenjang pengaderan PAN/LKAU (Latihan Kepemimpinan Amanat Utama), daftar riwayat hidup (curriculum vitae /CV), dan surat keterangan sehat dari dokter.

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN Dradjad Wibowo akan mendaftarkan diri hari ini juga pada pukul 13.00. “Insya Allah besok sehabis zuhur, sekitar jam 1 siang,” kata Dradjad.

Adapun persyaratan yang dibawa, Dradjad menjelaskan, akan membawa daftar riwayat hidup, fotokopi KTP dan juga KTA (kartu tanda anggota) PAN, serta visi dan misi.

“Riwayat hidup, KTP, KTA. Tambah visi misi,” ungkapnya. Dradjad mengaku, dirinya akan didampingi pendiri dan kader-kader PAN saat mendaftarkan diri nanti.

Rls | Koran Sindo
Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here