JAKARTA, Sinkap.info –– Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Teten Masduki, mengatakan, Seminar dan Pameran Singkat Produk Unggulan Provinsi Riau, adalah momen UMKM untuk bangkit di tengah lesunya perekonomian global.

“UMKM tidak hanya kripik, batik dan akik tetapi juga dunia e-commerce dalam menghadapi industri/UMKM 4.0. Kita akan tertinggal apabila tidak turut mendigitalisasi atau memodernisasi UMKM/usaha ekonomi kreatif,” ungkap Teten saat menjadi nara sumber Seminar dan Pameran Singkat Produk Unggulan Provinsi Riau, Kamis (19/12/2019), di Mal Sarinah, Jakarta.

Teten juga menyebutkan, rebranding juga dibutuhkan tetapi harus ada konsolidasi sesama pelaku ekonomi kreatif, jangan terlalu banyak branding sehingga nantinya malah bersaing ke sesama pelaku usaha.

MENARIK DIBACA:  Pameran Produk Unggulan, Pengunjung Tertarik Kacang Pukul

“Produk-produk di daerah gambut bisa dibranding menjadi produk yang lebih valued, mengingat Riau berbatasan langsung dengan negara tetangga. Perlu adanya food processing di Riau agar pengemasan dapat lebih diterima oleh konsumen,” saran Teten

Sementara itu Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MS.i, pada kesempatan itu mengharapkan adanya pameran singkat ini dapat menduniakan produk-produk UMKM yang ada di Provinsi Riau. Apalagi banyak potensi yang dimiliki Riau, tinggal bagaimana orang Riau mau berpeluh menjemput bola mencari peluang.

“Kita sudah membuka lebar pintu bagi UMKM/ekonomi kreatif bagi pelaku usaha yang ada di Riau agar bisa memasarkan produknya ke dunia internasional melalui PT Sarinah, semua ini memiliki tujuan agar pertumbuhan ekonomi masyarakat Provinsi Riau lebih sejahtera,” ungkap Syamsuar.

MENARIK DIBACA:  Riau Kembali Raih Penghargaan BKN Award 2019 Nasional

Sekarang, sambung mantan Bupati Siak itu, tinggal kemauan kita lagi bagaimana bisa menangkap peluang dan kesempatan baik ini.*(Iwamri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here