Beranda TEKNOLOGI Rahasia Kecanggihan Mobil Dinas Presiden Jokowi yang Baru

Rahasia Kecanggihan Mobil Dinas Presiden Jokowi yang Baru

215

JAKARTA, Sinkap.info – Periode ini mobil dinas Presiden dan Wakil diganti. Masih menggunakan merek yang sama, namun Jokow Widodo ( Jokowi) dan Ma’ruf Amin akan menggunakan Mercedes-Benz S600 Guard seri terbaru yang didatangkan dari Jerman.

Mercedes Benz S600 Guard merupakan mobil dengan tingkat perlindungan keamanan yang sangat tinggi untuk penumpang. Sedan mewah ini mendapat sertifikat VR10, yakni sertifikasi tingkat perlindungan tertinggi untuk kendaraan non-militer.

Dikutip dari kanal Youtube Florence Sylvie mengenai Mercedes S Guard yang dipakai Presiden India Pranab Mukherjee, Head of Guard Sales Mercedes Benz AG Markus Rubenbauer mengatakan, mobil ini sangat aman.

“Mobil ini nomor satu untuk perlindungan dan keselamatan untuk kepala negara,” katanya dikutip Kompas.com, Minggu (20/10/2019).

Perlindungannya mencakup daya tahan kaca dari senapan serbu. Kacanya terbuat dari polikarbonat dengan ketebalan tertentu yang dapat meredam hantaman peluru kaliber 7,62 mm. Tidak hanya tahan serangan peluru, mobil ini juga mengusung sertifikasi ERV 2010 sebagai kendaraan yang tahan ledakan. Mobil dirancang dengan sasis dan pertahanan khusus yang memastikan kuat terhadap ledakan.

MENARIK DIBACA:  Penetapan Pilpres 2019-2024, KPU tetapkan Paslon Jokowi-Ma'ruf Sebagai Pemenang

Salah satunya yaitu tambahan tameng atau pelat pada bagian bawah bodi. Sehingga mobil tahan serangan ledakan bukan hanya dari kanan-kiri saja, tapi juga atas-bawah. Memastikan kabin merupakan tempat yang sangat aman.

Penggantian unit Mercedes-Benz S600 Guard kepada Mercedes-Benz Indonesia dilakukan melalui penunjukan langsung, bukan memakai sistem tender umum seperti pengadaan mobil menteri dan pejabat setingkat menteri.

Mercedes-Benz S 600 Guard dipilih berdasarkan pertimbangan teknis antara lain faktor keamanan, keandalan dan efisiensi biaya pemeliharaan yang semakian mahal karena usia pemakaian. Sebab mobil yang ada saat ini merupakan warisan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan tahun pembuatan 2008 dan 2009. Mobil tersebut bahkan dikabarkan sudah sering rusak hingga mogok.

MENARIK DIBACA:  Tips dan Trik: Cara Membuat Tulisan Bercetak Tebal, Miring, Coretan dan Kombinasi di Whatsapp

Mercedes-Maybach S600 Guard mengusung mesin V12 berkubikasi 6000cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 530 tk dengan torsi 830 Nm. Kecepatan maksimal mampu mencapai 160 kpj. Namun kecepatan ini masih dibatasi secara elektronik. Sisi kenyamanan didukung suspensi udara AIRMATIC, Anti Slip Regulation (ASR) serta Electronic Stability Program (ESP). Sebagai perlindungan ekstra, tersedia ban run-flat atau yang tetap bisa dipakai meski kempis hingga jarak sejauh 30,5 km.

Menurut Komandan Paspampres, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, ada spesifikasi khusus untuk menjadi kendaraan dinas Presiden Indonesia. Maruli menjelaskan kendaraan yang selama ini digunakan Presiden Joko Widodo sudah memenuhi syarat keamanan tersebut.

“Pastinya harus punya fitur pengamanan lengkap. Anti peluru hingga kaliber tertentu, anti ranjau, dan lainnya. Tidak ada yang terlalu khusus, tapi pasti keamanan itu yang dicari,” tutup Maruli* (Rls)

Sumber: kompas

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here