Beranda KOLOM Biografi Sandiaga Uno, Pengusaha Muslim Muda Terkaya, Cerdas dan Dermawan

Sandiaga Uno, Pengusaha Muslim Muda Terkaya, Cerdas dan Dermawan

510
Sandiaga Uno
Sandiaga Uno: Entrepreneur dan Founder PT Sara Toga Investama Sedayu

INSPIRATIF, Sinkap.infoSandiaga Salahudin Uno calon terpilih wakil gubernur DKI Jakarta yang berpasangan dengan Anies Baswedan sebagai gubernur DKI Jakarta. Sebagai wakil gubernur terpilih periode 2017-2022, Sandi akan mendampingi Anies dalam mengemban amanah sebagai wakil pemimpin rakyat di ibu kota Negara kedepanya. Sebelum maju menjadi wakil gubernur, sandi sudah dikenal oleh banyak orang terutama melalui informasi media online.

Track of record sandi patut diacungi jempol dengan segudang prestasi yang dia raih, sebagai putra kelahiran Riau tepatnya pada tanggal 28 Juni 1969 di Rumbai, Pekanbaru. Orang tua Sandi bernama Sandiaga Kosastra. Sandi merupakan pendiri PT Saratoga Investama Sedaya, merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia dengan jumlah kekayaan sekitar $795 juta. Pada tahun 2009 nama Sandiaga Uno masuk dalam daftar orang terkaya ke-29 di Indonesia versi majalah Forbes.

Pengusaha muslim muda terkaya, cerdas dan dermawan di Indonesia, pengalaman karir dan bisnisnya melambungkan namanya menjadi pesohor di negeri ini. Dimulai dari prestasi akademiknya selama menempuh studi, Sandi lulus dari Wichita State University, Amerika Serikat dengan predikat summa-cumlaude. Setelah lulus dari pendidikan tinggi tersebut, ia berkesempatan untuk bekerja di Bank Summa pada tahun 1999.

Setahun berikutnya, Sandi memperoleh beasiswa untuk melanjutkan studinya di George Washington University, Amerika Serikat jurusan Bisnis Administrasi dan lulus dengan GPA 4.00. Pada tahun 1994, Sandi Uno bergabung di MP Group Holding Limited sebagai investment manajer. Selanjutnya, pada tahun 1995 Sandi bekerja sebagai Wakil Presiden Eksekutif di NTI Resources Ltd Canada. Namun, pada tahun 1997, perusahaan ini terkena krisis moneter yang menyebabkan Sandi harus melepaskan posisinya di perusahaan tersebut. Hingga akhirnya, Sandi memutuskan kembali ke Indonesia. Berawal dari hal tersebut, Sandi melihat tidak ada peluang bekerja sebagai officer sehingga akhirnya ia memutuskan untuk menjalankan bisnis pribadi.

MENARIK DIBACA:  Tahniah Sandiaga Salahudin Uno: Putra Kelahiran Riau Pertama Sebagai WaGub DKI Jakarta"

Pada tahun 1997, Sandi Uno mendirikan PT Recapital Advisors dengan teman sekolahnya Rosan Perkasa Roeslani dan pada tahun 1998, ia mendirikan Saratoga Capital bersama Edwin Soeryadjaya. 12 tahun, Saratoga Capital berkembang menjadi salah satu firma investasi terbesar di Indonesia yang mempekerjakan lebih dari 20 ribu pekerja. Ia juga merupakan milyarder pertama Indonesia yang lahir setelah era reformasi dan jatuhnya Soeharto pada 1998.

Berikut prestasi Sandiaga uno dalam perjalanan karir dan bisnisnya:

Pencapaian

  • Jajaran Direksi PT Adaro Indonesia (Pertambangan Batu Bara – Kalimantan Selatan)
  • Jajaran Direksi PT Indonesia Bulk Terminal (Terminal Batu Bara – Kalimantan Selatan)
  • Jajaran Direksi PT Mitra Global Telekomunikasi Indonesia (Telekom Operator – Jawa Tengah)
  • Jajaran Direksi Interra Resources Limited (Minyak dan Gas)
  • Jajaran Direksi iFORTE Solusi Infotek
  • Presiden Komisioner PT Recapital Advisor, merupakan bank yang dibangun bersama Rosan Perkasa pada tahun 1997.
  • Manajemen Tim Nasional Bola Basket Putri Indonesia pada SEA GAMES 2005 di Manila, Filipina.
  • Penerimaan penghargaan sebagai Indonesian Entrepenur of The Year’ dari Entreprise Asia pada tahun 2008.
  • Fellow dan Delegasi Organisasi Asia 21 pada tahun 2008.
  • Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI)
  • Ketua Komite Tetap Bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) sejak tahun 2004
MENARIK DIBACA:  Pidato Lengkap Anies Baswedan Saat Pelantikan Gubernur DKI Jakarta Dihadapan Warga di Balai Kota

Perjalanan Karir

Hingga saat ini, Sandi Uno telah memiliki pengalaman kerja sebagai berikut:

  • Summa Group, Jakarta (Mei 1990-Juni 1993)
  • Seapower Asia Investment Limited, Singapura (Juli 1993-April 1994)
  • MP Holding Limited Group, Singapura (Mei 1994-Agustus 1995)
  • NTI Resources Limited, Calgary, Canada (September 1995-April 1998)
  • PT Saratoga Investama Sedaya (April 1998- sekarang)

Pada awalnya,  Sandi Uno berpikir bahwa menjadi pengusaha merupakan pilihan terakhirnya. Hingga saat ini, Sandi tidak pernah terpikir untuk menjadi pengusaha seperti yang telah dijalankannya selama satu dekade ini. Meskipun tak pernah merencanakan menjadi seorang pengusaha, saat ini bisnis yang dimiliki telah berkembang di berbagai sektor. Mulai dari pertambangan, infrastruktur, perkebunan, hingga asuransi pun dirambahnya.

Ia pun masih memiliki cita-cita untuk mengembangkan bisnisnya pada sektor ‘consumer goods’, karena menurutnya sektor tersebut sangat prospektif dalam kurun waktu 5-10 tahun mendatang. Baginya, ketika mulai terjun ke dunia bisnis, seorang pebisnis haruslah memiliki perencanaan jangka panjang.

Aktifitas disela kesibukan dalam berbisnis, Sandiaga Uno juga aktif dalam beberapa organisasi. Ia tergabung dalam master bisnis internasional yang berspesialisasi di Asia, yang notabene merupakan negara-negara Muslim serta DIB negara-negara Islam (Asia). Selain optimis dan konsisten dalam menjalani bisnis yang ia tekuni, Sandi terkenal sebagai motivator dalam acara seminar dan workshop berkaitan dengan entrepreneurship bagi pemuda di Indonesia.

SINKAP.info | Referensi: Bisnisukm.com
Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here