Sab. Sep 21st, 2019

SINKAP

Suara Anak Bangsa

Ingin Kuliah Sambil Kerja. Kenapa tidak? Simak strategi memulai dan menjalaninya

Kuliah sambil Kuliah

Sekalian Kuliah sambil Kerja. Kenapa Tidak?

Kuliah sambil Kuliah
Sekalian Kuliah sambil Kerja. Kenapa Tidak?

Sinkap-Menjadi kebanggaan apabila menjadi mahasiswa yang berprestasi dan menjalani masa kuliah dengan biaya sendiri, bukanlah sebuah hal yang baru di pendengaran kita, namun masih terhitung jari bisa kita temui mahasiswa yang luar biasa seperti diatas, sebab selama ini sudah ada contoh mahasiswa yang menyelesaikan kuliah dengan tidak mengandalkan biaya dari orang tua mereka. Hal ini tidak selalu terjadi akibat lemahnya ekonomi keluarga, namun beberapa mahasiswa ingin mengoptimalkan dirinya sendiri untuk dapat menempuh jenjang kuliah secara mandiri, meskipun orang tuanya memiliki kemampuan keuangan yang cukup baik.

Belajar untuk dewasa dan mandiri, begitu kira-kira gambaran yang tepat untuk mereka yang memilih untuk membiayai kuliah sendiri. Lalu, bagaimana dengan Anda, apakah sudah siap untuk memasuki area kampus dengan mengandalkan keuangan pribadi?

Berbeda dengan sekolah, kuliah akan membutuhkan sejumlah dana yang jauh lebih besar. Biaya untuk meraih gelar sarjana ini memang termasuk cukup tinggi di negara kita, sehingga jika berniat melanjutkan kuliah dengan biaya sendiri, maka Anda harus mempersiapkannya dengan matang sejak awal.

Persiapan yang baik, akan sangat membantu untuk lebih nyaman dan lancar ketika menjalani masa kuliah, bahkan meski dengan biaya pribadi. Jika tidak memperhitungkan dan mempersiapkannya dengan matang, maka mungkin saja berbagai masalah akan muncul di kemudian hari. Bisa saja menjalani kuliah akan terganggu dan malah berhenti di tengah jalan.

“Tanamkan Keinginan rencana dengan keyakinan yang kuat”

Ketika merencanakan untuk melanjutkan kuliah dengan biaya sendiri, maka sangat penting untuk memiliki keyakinan dan juga motivasi yang kuat sejak awal. Hal ini akan membantu untuk siap menghadapi berbagai macam tantangan dan juga kesulitan dalam menjalaninya.

Jangan lupa untuk mengawali hal ini dengan sebuah rencana yang matang, sehingga semua berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan sejak awal. Simak beberapa hal yang harus dicermati dalam persiapan ini:

1. Pilih jurusan dan Kampus yang Tepat

Kuliah dengan biaya sendiri, mungkin bukanlah sebuah hal mudah yang akan Anda lalui dengan bersantai-santai. Untuk itu, selalu pastikan bahwa sejak awal telah memilih sebuah jurusan yang paling tepat dan sesuai dengan minat, termasuk sebuah kampus terbaik yang dapat membawamu menjadi seorang sarjana dengan kemampuan akademik yang bagus. Hal ini akan membuat usaha yang dilakukan menjadi terbayar dengan sepadan, di mana Anda mendapatkan tempat dan juga jurusan yang dapat membantu untuk menata masa depan nanti.

2. Hitung Biayanya

Hal ini juga harus dilakukan sejak awal, agar tidak mengalami kendala di tengah jalan nanti. Dapatkan informasi yang akurat mengenai hal ini dan mulailah menghitung biaya yang dibutuhkan untuk menjadikan seorang sarjana. Lakukan hal ini dengan detail dan terinci, sehingga semua komponen biaya yang dibutuhkan tidak ada yang terlupakan. Jika telah mengetahui besaran biaya yang dibutuhkan ini, maka akan lebih mudah untuk mencari cara untuk memenuhinya.

MENARIK DIBACA:  Revitalisasi Pendidikan Vokasi untuk Memperkuat Daya Saing Bangsa
3. Pahami Aturan dan Ketentuan yang Berlaku di Sana

Sangat penting untuk Anda mencari tahu mengenai berbagai aturan dan juga ketentuan yang berlaku di kampus yang akan dipilih nanti, sebab hal ini akan mempengaruhi kelancaran kuliah. Beberapa kampus mungkin akan menerapkan sejumlah aturan tertentu, misalnya ikatan dinas atau bahkan ketentuan untuk wajib tinggal di asrama.

Pahami hal ini dengan baik sejak awal, agar proses kuliah dapat berjalan dengan lancar. Jika telah mempersiapkan rencana awal di atas dengan baik, maka Anda bisa fokus pada hal lainnya yang tak kalah penting, yakni mengatasi biaya kuliah tersebut dengan mandiri tanpa bantuan orang tua lagi.

4. Atasi Biaya dengan Tepat

Bagi yang berniat untuk melanjutkan kuliah dengan biaya sendiri, maka tentu harus memiliki gambaran awal mengenai bagaimana caranya untuk mengatasi sejumlah biaya tersebut. Jika dipersiapkan dengan baik, jumlah yang besar ini juga pasti bisa ditutupi secara keseluruhan, tanpa mengandalkan orang tua lagi.

Selanjtunya….

Untuk mengatasi biaya kuliah nanti, simak beberapa pilihan cara yang dapat dilakukan berikut ini:

– Kuliah di Kampus yang Memiliki Ikatan Dinas

Beberapa departemen di pemerintahan, memiliki kampus yang dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan mereka akan tenaga kerja. Pada umumnya kuliah di  kampus seperti ini tidak dikenakan biaya, atau meskipun ada, hanya dalam jumlah yang sangat kecil saja jika dibandingkan dengan biaya kuliah di kampus lainnya. Bukan hanya itu saja, ketika lulus nanti Anda juga tidak akan kesulitan untuk mencari dan menemukan sebuah pekerjaan, sebab akan segera di tempatkan untuk bekerja di institusi pemerintah yang bersangkutan.

Kampus seperti ini sangat tepat jika jadikan sebagai pilihan untuk melanjutkan kuliah, di mana hanya akan membayar sejumlah biaya kuliah yang kecil, atau bahkan tidak membayar biaya sama sekali hingga mendapatkan gelar sarjana nanti, Sangat menyenangkan, bukan?

– Berburu Beasiswa

Ini akan menjadi lebih mudah, jika memiliki kemampuan akademik yang baik. Ada banyak sekali institusi yang menyelenggarakan beasiswa bagi calon atau yang sudah menjadi mahasiswa sekalipun, sehingga Anda akan memiliki kesempatan yang besar untuk mendapatkan salah satunya. Namun jangan lupa, untuk selalu mempersiapkan segala persyaratannya dengan baik, sebab persaingan untuk mendapatkan beasiswa ini juga terbilang sangat ketat.

– Bekerja dan Menjalani Kuliah di Sore Hari

Sejumlah kampus juga memiliki program kelas karyawan, di mana mereka memberikan kuliah di sore hari setelah jam pulang kantor. Bukan hanya itu, beberapa kampus lainnya bahkan memiliki kelas yang khusus untuk kuliah di akhir pekan saja, sehingga di hari kerja lainnya para mahasiswa dapat beraktivitas / bekerja dengan penuh waktu. Jadikan ini sebagai solusi untuk membiayai kuliah sendiri, di mana Anda bekerja secara penuh dan hanya melakukan kuliah di sore hari atau di akhir pekan saja.

MENARIK DIBACA:  Resign Menjadi Generasi Peminta-minta
– Menjalankan Bisnis

Jika merasa bekerja penuh waktu akan menyita banyak waktu dan juga tenaga, maka pilihan untuk menjalankan bisnis pribadi adalah hal yang layak untuk dicoba. Saat ini, bisnis bukan lagi sebuah kegiatan yang sulit untuk dijalankan, sebab kemudahan untuk berbagi informasi akan membantu Anda untuk menjalankan bisnis dengan lebih efektif dan praktis.

Menjalankan bisnis online yang dapat dilakukan dengan mudah dari mana saja, bahkan dari rumah juga. Bisnis ini bahkan tidak akan membutuhkan sejumlah modal yang besar, di mana dapat memilih menjadi perantara saja bagi pemilik produk dengan para pelanggannya. Caranya cukup mudah, yaitu hanya perlu melakukan kegiatan promosi melalui berbagai sosial media yang dimiliki.

– Menjadi Freelancer

Pekerjaan yang satu ini juga cukup menjanjikan dan dapat memberimu banyak uang, yang bisa dijadikan untuk biaya kuliah nanti. Anda bisa menjadi seorang freelancer dan menerima berbagai pekerjaan yang bisa diatasi dengan baik secara online. Namun selalu pastikan bahwa Anda memiliki kemampuan yang sangat baik di bidang tersebut, sehingga semua proyek yang diterima nanti dapat dikerjakan dengan baik dan sesuai permintaan klien. Bekerja menjadi seorang freelancer, akan memberikan banyak waktu yang cukup untuk tetap menjalani masa kuliah dengan baik, sebab pekerjaan ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja ketika memiliki kesempatan untuk mengerjakannya.

– Berhemat dan Menabung

Jika ternyata masih memiliki sejumlah uang saku tetap dari orang tua, maka juga bisa mengandalkan ini sebagai dana kuliah. Anda dapat mengelola keuangan dengan lebih baik mulai sekarang, termasuk dengan melakukan berbagai penghematan yang ketat.Sisihkan sejumlah uang secara teratur setiap bulannya, yakni dengan cara menentukan jumlah tetapnya sejak awal. Jangan lupa untuk menyesuaikan jumlah ini dengan besaran biaya kuliah nanti, dan pastikan ini akan mencukupi dan dapat menjalankan kuliah dengan biaya sendiri.

– Pilih Cara yang Paling Sesuai

Untuk mempersiapkan biaya kuliah sendiri,  mungkin akan membutuhkan kerja keras dan juga upaya yang cukup besar. Namun hal ini tentu akan sebanding dengan apa yang didapatkan nanti setelah lulus dan menjadi seorang sarjana. Pilih cara yang paling sesuai untuk mengatasi biaya kuliah ini, sehingga tidak akan mengalami kendala atau bahkan masalah biaya di tengah jalan.

Sumber rilis: cermati.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »