Manfaatkan Liter of Light Inovasi Lampu Buatan Berbahan Air tanpa Listrik

TEKNOLOGI1208 Dilihat

INDONESIA adalah negara kepulauan yang mana masih banyak sekali tempat yang tidak memiliki sambungan listrik. Banyak rumah-rumah yang walaupun menjadi tempat bernaung saat hujan, saat berada di dalam rumah di siang hari pun tetap gelap karena tidak ada listrik dan lampu.

Tentunya bukan saja Indonesia yang memiliki tantangan ini banyak negara lain pun sama, dan seperti kita juga, pemerintahnya tidak bisa banyak berbuat apa-apa. Tetapi ketika ada tantangan, maka ada kesempatan untuk ber-inovasi.

Salah satunya adalah organisasi Liter Of Light yang berasal dari Filipina, dan saat ini sudah menyebar ke banyak negara di dunia. Inovasi membuat lampu buatan dari botol plastik bekas yang dapat di tempelkan di atap asbes atau lainnya, dan menggunakan cahaya alami matahari.

Cara sederhana ini ternyata sangat membantu karena dengan adanya sinar dalam ruangan, tentunya banyak hal yang bisa dilakukan dengan lebih efisien, terutama untuk anak-anak belajar. Tentunya selain juga mudah dibuat, juga “lampu” ini terjangkau harganya oleh banyak orang.

Liter of light juga memberikan panduan cara membuat sendiri lampu buatan dari botol plastik tersebut.  Di website mereka, ditulis bahwa mereka sudah ada proyek termasuk di Indonesia, tetapi saya tidak tahu organisasi mana yang terafiliasi dengan mereka. Pastinya, mudah-mudahan cara mudah dan sederhana ini dapat terus diperbanyak di seluruh dunia dan Indonesia agar rakyat Indonesia yang belum tersentuh listrik dapat merasakan manfaatnya.

Sharekan informasi bermanfaat ini ke halaman media sosial anda. Indahnya Berbagi!!!

Sumber: akuinginhijau.org dan youtube/beritateknologi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *