Naik Kelas, Ratusan UMKM Samosir Dibekali Digital Marketing

SAMOSIR, SINKAP.info – Agar naik kelas, ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Samosir dibekali dan diedukasi tentang pemasaran produk dagangannya secara digital marketing melalui seminar dan workshop Samosir Go Digital.

Edukasi dan pelatihan ini diinisiasi oleh Tamado Tourism & Cultural bersama Trans Digital Cemerlang (TDC) dan VIP Voucher agar para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Samosir bisa naik kelas dan meningkat perekonomiannya.

Chairman TAMADO Tourism & Cultural Robby Butarbutar menjelaskan digital marketing merupakan salah satu usaha usaha untuk melakukan pemasaran sebuah brand atau produk melalui dunia digital atau internet.

“Pasa peserta selain dibekali tentang digital marketing secara teoritis, mereka juga melakukan praktek teknik digital marketing yang efektif. Para pelaku UMKM akan mendapatkan wawasan terbaru dalam dunia bisnis yang bertujuan untuk meningkatkan omset penjualannya,” kata Robby di Aula Vantas Hotel Parbaba Samosir, Jumat (21/6).

Pada kesempatan itu Robby menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Samosir yang telah memberikan dukungan sehingga seminar dan workshop UMKM berlangsung dengan baik.

MENARIK DIBACA:  Ribuan Honorer Meranti Dirumahkan, Aksi Masa Kecam Bupati Diwarnai Bakar Baju Honorer

“Terimakasih atas dukungan dan support dari Pemerintah Kabupaten Samosir, sehingga acara ini dapat berlangsung dengan baik”, ujar Robby.

Senada dengan Robby, Manager Marketing VIP Voucher, Hari Budi Hartono didampingi perwakilan TDC, dia berharap para pelaku UMKM dan para pengunjung pariwisata nantinya diharapkan dapat menggunakan aplikasi platform digital di setiap pembayaran.

“Ini adalah platform pariwisata yang saat ini sudah banyak digunakan oleh pelanggan. Vip Voucher ini menjadi media bagi pelaku pariwisata, pegiat pariwisata untuk mengaktualisasikan produk mereka, mendigitalisasi produk mereka, mencarikan solusi mempertemukan mitra agent di luar daerah untuk mempermudah pembayaran secara digital,” tambahnya.

Samosir saat ini lanjut Hari sudah menjadi trademark dunia, untuk itu VIP Voucher bersama TDC siap untuk membantu memperkenalkan pariwisata Danau Toba khususnya Samosir.

“Kita hadir siap membantu dan mendorong semangat para pelaku UMKM agar terkenal di level lebih tinggi di luar daerah dan menjadikan agar gaungnya di kenal di luar daerah,” ujarnya.

MENARIK DIBACA:  Pemkab Samosir Gelar Rakor Perizinan Berusaha dan Pengawasan Perizinan Berbasis Risiko

Kepala Dinas Kepala Dinas Koperasi, Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Samosir Rista Sitanggang pun menyampaikan apresiasi kepada TAMADO Group yang telah memilih Kabupaten Samosir sebagai salah satu lokasi seminar dan workshop go digital di kawasan Danau Toba.

“Kami sangat berbangga hati dan senang dengan adanya kegiatan ini untuk memoerkaya pengetahuan dan pengalaman agar mampu bersaing dengan produk di luar. Dengan adanya seminar ini, Pemkab Samosir akan semakin antusias dalam pengembangan UMKM agar naik kelas dan meningkatkan perekonomian masyarakat”, kata Rista

Dia menyebutkan, saat ini pemasaran UMKM Samosir telah mengalami kemajuan, dimana produk-produk UMKM sudah masuk ke pasar retail modern dan juga dipasarkan melalui aplikasi e-Onan. Para pelaku UMKM diharapkan tetap konsisten sehingga terbentuk jejak dan branding tersendiri dengan menangkap peluang digital melalui perkembangan teknologi dalam upaya promosi dan membangun branding.

SINKAP.info |Redaksi

Komentar