Plt Bupati Asmar Hadiri Upacara Peringatan Hari Otoda Tahun 2024

DAERAH1557 Dilihat

SURABAYA, SINKAP.info – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar menghadiri Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) XXVIII Tahun 2024 yang digelar di Balai Kota Surabaya, Kamis (25/4).

Mengusung tema Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat, peringatan Hari Otonomi Daerah ke-28 itu diikuti oleh gubernur, bupati dan walikota se-Indonesia.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M. Tito Karnavian yang bertindak sebagai inspektur upacara menyampaikan sejumlah arahan untuk ditindaklanjuti oleh para kepala daerah. Diantaranya terkait pengendalian iklim dan dampak dari greenflation.

Tito menjelaskan tema Hari Otoda tahun diambil sebagai pengingat kepada para kepala daerah agar melaksanakan konsep pembangunan berkelanjutan secara optimal dengan menerapkan model perekonomian ramah lingkungan.

“Ini juga tidak lain sebagai konsekuensi yang harus dilakukan, termasuk Indonesia terhadap bahaya di masa depan, yakni perubahan iklim,” ujarnya.

Untuk itu, Mendagri menginstruksikan kepada seluruh kepala daerah untuk meningkatkan upaya pelestarian lingkungan sembari menjalankan sistem pembangunan.

“Kesejahteraan diarahkan untuk memberikan pelayanan publik yang efektif dan efisien melalui berbagai terobosan kreatif dan inovatif yang mengedepankan kekhasan daerah untuk pemanfaatan segala potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam dengan cara bijak,” kata Tito.

Plt Bupati Asmar usai mengikuti upacara menyebutkan Pemkab Kepulauan Meranti siap melaksanakan apa yang menjadi arahan dari Mendagri.

“Tentunya kita siap melaksanakan semua arahan tersebut. Setelah ini akan saya teruskan kepada semua OPD kita untuk mengambil langkah-langkah sesuai program pemerintah ke depan,” sebut Asmar.

Lebih jauh dijelaskannya, perubahan iklim dengan kenaikan temperatur dunia juga akan bisa berdampak serius bagi Kepulauan Meranti, seperti ancaman abrasi yang makin parah.

“Makanya kita akan berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan dan menyusun program-program menuju arah tersebut,” ungkapnya.

Plt Bupati Kepulauan Meranti itu juga mengucapkan selamat Hari Otoda 2024. Menurutnya hari Otoda menjadi hari besar bagi pemerintah daerah, sebagaimana TNI dan Polri yang juga memiliki hari besarnya sendiri.

“Semoga Allah senantiasa memberikan petunjuk, bimbingan, perlindungan dan pertolongan kepada kita semua
dalam upaya membangun bangsa dan negara yang kita cintai,” harap Asmar.

Dalam kesempatan itu, Mendagri juga menyematkan tanda kehormatan “Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha” kepada para kepala daerah berprestasi dari Presiden Joko Widodo.

Ikut mendampingi Plt Bupati Asmar dalam upacara tersebut, Kepala Bagian Tapem Setdakab Kepulauan Meranti Edi Susanto, S.STP., M.Si, dan Kabag Umum Tarmizi.

 SINKAP.info | Laporan: Satia K

Komentar