Plt Bupati Asmar Ikuti Seminar Nasional Tentang Lingkungan

DAERAH120 Dilihat

JAKARTA, SINKAP.info – Pelaksana tugas Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar mengikuti seminar nasional yang diselenggarakan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) bersama Koalisi Ekonomi Membumi (KEM), Rabu (4/10) di Jakarta.

Seminar yang diikuti pemerintah kabupaten se-Indonesia itu mengusung tema Tantangan Pembangunan Daerah di Tengah Fenomena Perubahan Iklim, Ancaman Bencana Lingkungan, dan Upaya Investasi Lestari.

Wakil Ketua Umum Apkasi Mochamad Nur Arifin menyampaikan, keseriusan para kepala daerah sangat dibutuhkan dalam memastikan ekonomi dan ekologi bisa berjalan bersama.

“Itu adalah kewajiban seluruh pemerintah daerah,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan, seminar tersebut bertujuan mengintegrasikan isu lingkungan hidup dan ancaman bencana lingkungan, sebagai rumusan isu strategis dan permasalahan pembangunan.

“Pada seminar kali ini, kita ingin menajamkan itu, saya berharap semua yang hadir bertanda tangan di sini dan akan dikurasi ulang dan akan ada pendampingan,” ungkap Bupati Trenggalek itu.

Menanggapi hal tersebut, Plt Bupati H. Asmar menekankan pentingnya keselarasan antara program-program pemerintah pusat, provinsi dan pemerintah kabupaten. Khususnya dalam upaya pelestarian lingkungan.

“Mari bersama kita wujudkan perencanaan pembangunan daerah yang tanggap terhadap bencana lingkungan,” ajak Asmar.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengingatkan masyarakat di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti untuk waspada kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Kita akan memasuki musim kemarau yang panjang. Seluruh satuan kerja terkait kami minta tetap waspada, termasuk masyarakat diminta turut membantu,” harapnya.

Tampak hadir Sekertaris Jenderal Apkasi Adnan Purichta Ichsan, Direktur Lingkungan Hidup Bappenas Ir. Medrilzam, Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah I Gunawan Eko Movianto, dan Direktur Badan Pengelolaan Dana Lingkungan Hidup Dr. Joko Tri Haryanto.

Turut mendampingi Plt Bupati, Sekretaris Daerah Bambang Supriyanto, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Edi Susanto, Plt Kepala Bagian Umum Setda Agustiono, dan Kasubbag Keuangan Bagian Umum Setda Sumarno, serta Kabid IKP Diskominfotik Dody Hamdani.

SINKAP.info | Laporan: Solihin