Beranda RIAU Pekanbaru

Gubri Syamsuar Tugaskan Inspektorat dan BPKP Audit Proyek Mangkrak

298

PEKANBARU, SINKAP.info – Beberapa proyek yang gagal atau mangkrak diselesaikan kontraktor membuat Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengambil langkah tegas.

Syamsuar langsung menugaskan Inspektorat Provinsi Riau dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk melakukan audit.

Salah satu proyek yang saat ini tengah diaudit adalah pembangunanan payung elektrik Masjid Raya An-Nur Provinsi Riau yang telah menjadi buah bibir di tengah masyarakat.

“Kalau payung elektrik ini kami sudah menugaskan Inspektorat dengan BPKP untuk mengauditnya. Jadi proyek yang mangkrak semua kita audit,” tegas Gubri Syamsuar setelah melakukan peninjauan ke tiga lokasi proyek Pemprov Riau di Kota Pekanbaru, Jumat (05/05/2023) sore.

Menurut Gubri Syamsuar, setelah dilakuka audit, akan diketahui permasalahan yang ada. Hasil audit akan menjadi pedoman bagi Pemerintah Provinsi Riau untuk melakukan langkah pembangunan selanjutnya.

“Supaya nanti kita tahu apa permasalahannya, karena ini akan dilanjutkan lagi pembangunannya. Kita ingin semua selesai sesuai harapan. Saya mengharapkan semakin cepat auditnya, semakin tau kita, sehingga nanti kita dapat bisa melakukan langkah-langkah berikutnya,” katanya lagi.

Mantan Bupati Siak dua periode ini dengan tegas manyerahkan pemeriksaan kepada Inspektorat dan BPKP untuk menghitung pembukuan tentang keuangan pembangunan proyek yang mangkrak.

“Kita lihat nanti, anggarannya bagaimana. Terutama yang menyangkut kerugian daerah, inikan juga harus diperhitungkan. Karena itulah yang bisa menghitungnya BPKP dan Inspektokrat,” ucapnya.

Percepat Pembangunan Quran Center dan Riau Creative Hub

Usai salat Jum’at, Syamsuar meninjau langsung proyek pembangunan Quran Center, Riau Creative Hub dan Gedung Lanud Roesmin Nurjadin yang menggunakan anggaran APBD Provinsi Riau.

Peninjauan ini dilakukan untuk memastikan sejauh mana progres pembangunan gedung-gedung tersebut.

Salah satu proyek yang sudah rampung adalah pembangunan Gedung VIP di Lanud Roesmin Nurjadin.

Gubri juga berharap pembangunan Quran Center dan Riau Creative Hub dapat diselesaikan pada tahun ini.

“Proyek inikan tahun ini kami harapkan selesai. Seperti Lanud tadi sudah selesai, kalau ada penambahan itu nanti. Riau Creative Hub insyaallah tahun ini akan difungsikan, saya sudah bilang juga ke Kepala Dinas Pariwisata,” katanya.

Gubri menjelaskan, bahwa dirinya telah menginstruksikan kepada Dinas PUPR Provinsi Riau agar interior Gedung Riau Creative Hub secepatnya dipersiapkan.

Karena gedung itu akan di pergunakan untuk masyarakat yang menjadi pelaku ekonomi kreatif di Bumi Lancang Kuning.

“ Tadi saya sampaikan ke Kadis PUPR mudah-mudahan yang bagian dalam ini tidak banyak lagi supaya secepatnya bisa di fungsikan oleh teman-teman dari pelaku ekonomi kreatif. Yang paling penting jangan di ganggu pekerjaan dari kontraktor karena mereka sekarang sedang bekerja,” jelasnya.

Gubri berharap, baik Gedung Qur’an Center maupun Riau Creative Hub akan menjadi ikon di Riau.

“Qur’an Center memang kita harapkan sejak lama. Sementara Riau Creative Hub sebagai bentuk kepedulian dan keberpihakan kita kepada para pelaku UMKM,” pungkasnya.

SINKAP.info | Rls