Jalankan Program Desa Bermasa, Pemdes Tanjung Belit Bentuk Forum Anak Desa

SIAK KECIL, SINKAP.info – Pemerintah Desa (Pemdes) Tanjung Belit melaksanakan Pembentukan Forum Anak serta Pelatihan dan Pemberdayaan Forum Anak Desa, melalui Program Desa Bermasa, Kamis, 10/11.

Pelatihan berlangsung di Aula Kantor Desa Tanjung Belit, Kecamatan Siak Kecil, diikuti sebanyak 24 orang calon Pengurus Forum Anak Desa Tanjung Belit dengan menghadirkan 2 narasumber, yakni Pendamping Forum Anak Kecamatan Siak kecil Jusmariana Dwi Aini, menyampaikan materi tentang fungsi forum anak desa dan Ketua Forum Anak Siak Kecil Muhammad Afdal yang menyampaikan program kerja yang harus dilaksanakan sesuai peran yang tercantum dalam penyelenggaraan forum anak.

Dalam sambutannya Camat Siak Kecil, Syahnan Ady Kusuma mengungkapkan, Forum Anak merupakan Mitra dalam pembangunan negeri yang memegang peran sangat penting terutama sebagai agen perubahan yang menjadi teladan dalam perbaikan perilaku yang sesuai dengan norma yang dipegang masyarakat.

“Selain menjadi partner pemerintah dalam pembangunan negeri, saya harap Forum Anak ini juga dapat menjadi agen perubahan perilaku anak-anak menjadi lebih baik, karena dilihat sekarang ini makin banyak anak-anak yang berperilaku keluar dari norma-norma yang diajarkan,” ungkap Camat Syahnan.

Syahnan berharap generasi muda tidak membuang-buang waktu lagi untuk hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri di masa depan.

Sedangkan Kepala Desa Tanjung Belit, Joko Margono menyampaikan, setelah dibentuknya Forum Anak ini Pemdes Tanjung Belit membuka peluang untuk melibatkan Forum Anak dalam perencanaan pembangunan serta berharap Forum Anak menjadi media untuk belajar berorganisasi.

“Jika ada rapat yang bersifat menyinggung kebutuhan-kebutuhan anak, kami akan libatkan kepengurusan Forum Anak Desa Tanjung Belit agar anak dapat terlibat dalam pembangunan negeri, dan jadikan Forum Anak ini sebagai media belajar berorganisasi sehingga bisa terampil dalam bicara serta juga di harapkan Forum Anak Desa harus sinkron dengan Forum Anak Kecamatan agar kegiatan dapat berjalan sesuai pedoman penyelenggara Forum Anak,” ungkap Joko Margono.

SINKAP.info | Redaksi