Beranda RIAU Kepulauan Meranti

Tak Peduli Hari Libur, Tim Vaksinator Tetap Layani Vaksinasi hingga Pelosok Desa

185

MERANTI, SINKAP.Info – Tim vaksinator dari seluruh Puskesmas dan Polres Kepulauan Meranti harus bekerja ekstra dalam mengejar target untuk menuju herd immunity masyarakat.

Tidak peduli hari libur, bahkan hingga larut malam, semuanya bergerak hingga ke pelosok desa di negeri ini. Mulai dari tenaga kesehatan (nakes) Puskesmas, Polsek, TNI, dan pemerintah kecamatan serta desa ikut membantu pelaksanaannya.

Seperti halnya pada Minggu (13/02), dilaksanakan vaksinasi secara merata oleh puluhan petugas yang tergabung dari berbagai unsur yang ada di Kepulauan Meranti.

“Jadi seluruh gerai, terlebih Puskesmas dan Polres setiap hari menyebar. Termasuk di hari libur, mereka tetap rela bertugas. Ada juga yang mobile ke desa-desa, berpindah-pindah tempat dan jemput bola rumah ke rumah. Bahkan ada yang bertugas sampai larut malam. Ini semua dilakukan untuk mengejar target 100 % hingga akhir Februari nanti,” ungkap Kapolres Kepulauan Menanti, AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH, Minggu sore.

Wakil Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 Kepulauan Meranti itu kembali mengimbauan agar masyarakat mempunyai kesadaran untuk di vaksin. Mengingat tugas vaksinator juga tidak mudah.

“Kita harapkan masyarakat sadar dan mau di vaksin. Mereka (tim vaksinator) rela bertugas di hari libur untuk melaksanakan vaksinasi. Itu semua demi menjaga kesehatan bersama dan menuju herd immunity masyarakat,” harapnya.

Untuk diketahui, kegiatan vaksinasi secara merata berlangsung untuk 19 titik lokasi di Kepulauan Meranti. Dengan total stok vaksin dari Dinkes sebanyak 13.841 dosis. Untuk sasarannya berjumlah 4.092 dosis. Sedangkan jumlah tim vaksinator yang bertugas sebanyak 54 orang, yang diantaranya 4 dari Polres dan 50 orang dari Dinkes. Masing-masing tim vaksinator dikoordinir oleh perwira dari Polres Kepulauan Meranti.

Adapun sebaran titik lokasi tersebut antara lain, tim vaksinator Polres yang melayani vaksinasi di SD Swasta Kalam Kudus dan Pos Polairud Selatpanjang, RSUD Kepulauan Meranti, tim vaksinator Puskesmas Selatpanjang di kantor Lurah Selatpanjang Timur dan STAIN Nurul Hidayah.

Selanjutnya, tim nakes dari Puskesmas Alahair melayani vaksinasi di kantor Desa Alahair dan Alahair Timur, Puskesmas Sungai Tohor dengan titik lokasi di kantor Desa Lukun, Puskesmas Alai di kantor Desa Alai, serta tim vaksinator dari Puskesmas Pulau Merbau di UPT fakses setempat.

Kemudian tim dari Puskesmas Anak Setatah dengan titik lokasi pelayanan di kantor Desa Melai, kantor Desa Mekar Baru, jantor Desa Sungai Cina, dan kantor Desa Sialang Pasung.

Untuk Puskesmas Tanjung Samak pelayanan bertempat di UPT Puskesmas setempat, Puskesmas Kedabu Rapat melayani vaksinasi di kantor desa setempat, untuk Puskesmas Teluk Belitung lokasi pelayanannya di UPT Puskesmas Teluk Belitung. Berikutnya, Puskesmas Bandul melayani vaksinasi di UPT setempat dan kantor Desa Bandul.*

SINKAP.Info |Laporan: Satria afandi
Facebook Comments