Beranda RIAU Kepulauan Meranti

Tanggap Karhutla, Anshor BANSER Rangsang Barat Padamkan Kebakaran

359

MERANTI, Sinkap.info  – Satuan Koordinator Anak Cabang Barisan Ansor Serbaguna (Satkorancab Banser) Rangsang Barat turut membantu petugas Pemadam Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), di Desa Sungai Cina Sejak 25 Februari 2021.

Bersama Pihak Pemerintah kecamatan dan masyarakat, Anggota Banser saling bahu membahu dan dengan upaya upaya meminimalisir dan mememadamkan api agar tidak merambat jauh hingga ke kebun dan kawasan masyarakat sekitar, bahkan harus bermalam di hutan untuk memastikan bahwa api tidak menjalar semakin besar.

Kondisi tanah yang kering di musim kemarau ini membuat api semakin cepay menjalar. Apalagi kondisi tanah gambut semakin membuat api susah di padamkan.

“Pemadaman Karhutla tentulah harus menjadi tanggung jawab kita bersama. Dan kita Ansor Banser terpanggil untuk bersama memadamkan api, agar tidak semakin menjalar” ujar Fuji yang juga sekjen Ansor rangsang barat

“Kondisi tanah yang kering dan musim kemarau semakin membuat api sangat mudah menjalar, ditambah lokasi kebakaran hutan ini jauh dari sumber air sehingga bertambah sulit kita untuk memadamkan” sambungnya.

Kita tahu bahwa tugas pencegahan dan pemadaman Karhutla berada diwilayah Tim Damkar, TNI, dan Polri saja, tetapi sudah menjadi keharusan kita semua untuk melaksanakan dan membantu mereka, ”ucapnya

Camat rangsang barat Juwita Ratna Sari yang juga turun kelapangan untuk memastikannya kondisi hutan dan lahan yang terbakar menyampaikan “Kendala yang kita hadapi sulitnya mendapatkan air, sehingga sangat sulit untuk memadamkan api” ungkap nya

“Kita mengajak kepada seluruh aspek untuk sama sama mencegah dan menjaga hutan dan lahan kita. Jangan membuka lahan dengan membakar dan memerun” imbuhnya.

SINKAP.info | Laporan : Mns
Facebook Comments