Beranda RIAU Kepulauan Meranti

Silaturahmi Tokoh Pejuang Meranti, BP2KM Dukung Program Strategis Bupati dan Wakil Bupati

474
Silahturahmi Tokoh Pejuang Meranti Bersama Bupati dan Wakil Bupati H M Adil-H Asmar bertempat di ruang Rapat Bupati Meranti, Kamis (11/03).

MERANTI, Sinkap.infoSilaturahmi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, para Tokoh Pejuang Pemekaran Kabupaten yang tergabung dalam Badan Pejuang Pembentukan Kabupaten Kepulauan Meranti (BP2KM) menggelar temu ramah bersama Bupati dan Wakil Bupati Meranti H Muhammad Adil SH – AKBP (Purn) H Asmar.

Bupati Kepulauan Meranti H Muhammad Adil SH mengaku sangat menanti-nanti kesempatan untuk bertemu para tokoh pejuang Meranti, karena Bupati menyadari kehadiran dan peran dari para tokoh pejuang Meranti tersebut sangat penting dalam memberikan masukan dan usulan termasuk koreksi jalannya roda Pemerintahan H Adil – H Asmar, sehingga kedepan benar-benar mampu mewujudkan masyarakat Meranti yang maju dan sejahtera sesuai dengan hakekat cita-cita pemekaran yang diperjuang dulu.

“Pertemuan ini memang sudah kami (H Adil – H Asmar) nanti-nantikan sejak dulu, dan hari ini merupakan terbaik untuk bersilahturahmi dengan para tokoh pejuang Meranti, semoga dengan pertemuan ini tercipta sinergitas dan kerjasama dalam membangun Meranti sesuai dengan yang dicita-citakan,” ujar Bupati Adil bertempat di Ruang Rapat Bupati Meranti, Kamis (11/03).

Dihadapan para tokoh, Bupati H M Adil menyatakan, komitmennya untuk membangun Meranti seperti yang dicita-citakan para pejuang Meranti saat pemekaran dulu. Cita-cita itu akan diwujudkan melalui Visi dan Misi Bupati yakni menjadikan Kabupaten Kepulauan Meranti yang Maju, Cerdas dan Bermatabat di Provinsi, Indonesia. Yang diturunkan lagi kedalam 7 Program Strategis H M Adil-H Asmar. Demi terwujudnya cita-cita bersama itu Bupati dan Wakil Bupati Meranti berharap dukungan dari semua lapisan masyarakat khususnya para tokoh pejuang Meranti BP2KM.

“Kami mohon doa dan dukungannya dari para pejuang Meranti semoga apa yang kita cita-citakan bersama dapat terwujud,” harap Bupati.

Adapun beberapa program yang dijanjikan oleh Bupati dan Wakil Bupati  seperti disampaikan Bupati adalah sebagai berikut. Pertama seperti disampaikannya dihadapan Legislatif saat pidato perdana penyampaian pandangan umum akan menuntaskan pembangunan jalan penghubung dan lingkar Kecamatan hingga Kabupaten sepanjang 929 KM dengan total anggaran yang dibutuhkan 2.3 T.

Kedua, Mencetak 50 orang Sarjana S1, 5 Master (S2), Doktor (S3) dan 2 Dokter ditiap desa. “Untuk ini kita sudah siapkan anggaran 12.5 Miliar/Tahun, nantinya anak anak Meranti yang cerdas akan kita sekolahkan di UGM, ITB, UI sesuai dengan kebutuhan daerah, sehingga untuk mengisi dokter di UPT Puskesmas tidak perlu lagi dari luar cukup diisi oleh anak-anak Meranti,” jelas Bupati.

Ketiga, meningkatkan pelayanan kesehatan dengan membangun Gedung Baru RSUD Meranti dengan kapasitas 100 Kamar. Dan menaikan Type RSUD Meranti dari Type C ke Type B. Termasuk juga dengan melakukan penambahan 10 tenaga Dokter Spesialis, dan penerapan pelayanan “Ketuk Pintu Layani Dengan Hati”.

“Sehingga masyarakat Meranti tidak perlu lagi berobat ke luar daerah karena disini sudah tersedia, dan jangan sampai ada maayarakat Meranti yang tidak bisa berobat karena tidak punya uang, nanti petugas kita dengan konsep “Ketuk Pintu Layani Dengan Hati” akan mendatangi rumah masyarakat untuk mendengarkan segala bentuk keluhan warga,” jelas Bupati lagi.

Keempat, akan meningkatkan kesejahteraan seluruh Guru Ngaji, Imam Masjid, Guru Agama akan mendapatkan honor dan Guru Komite akan diangkat menjadi honor daerah dengan gaji 2 Jt/Bulan.

Kelima, akan mengupayakan pemberangkatkan Umroh 374 orang Imam Masjid dan Pegawai berprestasi. “Untuk Umroh gratis ini kita sudah siapkan anggaran 6 Miliar, semoga saat di Mekah nanti para Imam Masjid dapat mendoakan Meranti menjadi Kabupaten yang Baldatun, Toyibatun, Warobbun Ghofur,” ucap Bupati Adil.

Keenam, akan mencetak ribuan usahawan melalui pemberian Ternak Sapi, Kambing dan Ayam petelur untuk dikembangkan. Kemudian memberikan pelatihan di BLK agar anak-anak muda Meranti bisa mandiri dan mampu membuka peluang usaha dalam rangka menekan angka pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kita berharap melalui program ternak Sapi ini dalam 5-7 Tahun kedepan Meranti dapat swasembada daging,” harapnya.

Ketujuh akan menampung produksi Beras Ladang dan Sagu Petani Meranti untuk diserahkan kepada Para Pegawai ASN sebagai bantuan Sembako, Para Penerima PKH, serta UMKM.

“Kita membutuhkan 48 Ton Beras dan Sagu yang akan dikonsumsi oleh 41 Ribu KK, dengan begitu harga Beras dan Sagu Petani Meranti akan naik para petani semakin sejahtera,” jelas Bupati Adil.

Kelapan, menyediakan fasilitas air bersih PDAM yang diupayakan menggunakan dana APBN. Kesembilan, pembuatan KTP dan KK sehari selesai dengan pemanfaatan teknologi IT. Sepuluh, mengupayakan semua masyarakat miskin mendapatkan bantuan PKH, BLT dan lainnya.

“Semua masyarakat miskin yang layak menerima PKH tapi belum masuk daftar akan kita masukan sebagai penerima PKH,” ucap Bupati.

Sebelas, akan mengupayakan pembebasan lahan masyarakat yang menurut Peta di Kementrian LHK masih berada dikawasan hutan sehingga masyarakat mendapat kepastian atas lahan perkebunan yang mereka olah.

Setelah mendengarkan berbagai program yang akan dijalankan oleh Bupati dan Wakil Bupati Meranti H M Adil – H Asmar tersebut, para tokoh pejuang Meranti yang tergabung dalam BP2KM sepakat mendukung program tersebut. Seperti disampaikan oleh H Mahidin dari Tj Samak Kecamatan Rangsang.

“Kami mengaku sangat mendukung program prioritas Bupati dan wakil Bupati Meranti khususnya dalam meningkatkan kualitas SDM dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kami juga siap mensosialisasikannya kepada masyarakat,” ucap H. Mahidin.

Senada disampaikan Tarmizi, Zaini, Hj. Maharani dan Joko Santoso. “Kami BP2KM siap mendukung terwujudnya 7 Program Strategis H.M Adil-H.Asmar,” pungkasnya.

Kegiatan silahturahmi antara Bupati dan Wakil Bupati Meranti H M Adil – H Asmar yang berlangsung hangat tersebut, ditutup dengan acara foto bersama di depan kantor Bupati Meranti.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Dr. H. Kamsol MM, Kepala Badang Kesbangpolinmas Meranti Tasrizal Harahap, Kabag Hukum Sudandri, Kabag Humas Rudi MH, H. Mahidin, H. Joko Santoso, Zaini, Hj. Maharani, Tarmizi, Amri dan tokoh lainnya.

Facebook Comments