Beranda KOLOM

Peluang Pekerjaan Baru di Era Revolusi Industri Digital 4.0

249

INSPIRASI, Sinkap.info – Era revolusi industri digital 4.0 atau sering disebut dengan istilah populer revolusi industri 4.0, revolusi industri gelombang keempat ini hampir sama dengan revolusi industri ketiga bedanya revolusi industri 4.0 mulai ditandai dengan bersatunya beberapa teknologi sehingga kita bisa melihat dan merasakan langsung era baru yang menekankan pada pola digital economy.

Tujuan revolusi industri 4.0 ini pastinya memiliki dampak positif dan negatif, salah satu dampak negatifnya adalah hilangnya beberapa profesi yang telah ada sejak era revolusi industri 1 sampai 3 tapi secara bersamaan tergerusnya berbagai profesi itu juga akan memunculkan jenis pekerjaan baru sebagai dampak positifnya profesi.

Berikut ini mungkin bisa menjadi pilihan bagi yang ingin sukses berkarir di revolusi industri 4.0:

Konten kreator, seseorang bisa disebut sebagai konten kreator ketika ia mampu menciptakan sebuah konten yang bermakna dan memiliki kekuatan yang besar untuk orang-orang. Menjadi seorang content Creator bukanlah hal yang mudah selain konsep ide kreatif, pengemasan yang menarik sangat diperlukan untuk menunjang hasil konten dengan baik. Peka terhadap peran dan peristiwa yang sedang populer di kalangan warganet bisa menjadi senjata mereka dalam memproduksi konten-konten populer di berbagai info media sosial.

Content writer dan copywriting, content writer dan copywriting memang sama-sama punya tugas untuk menulis tapi ternyata 2 profesi ini berbeda content writer membuat konten untuk dikonsumsi pembaca sedangkan copywriter menuliskan konten yang cenderung berbau promosi sehingga konsumen bisa tertarik dengan sebuah produk yang dipromosi dalam bentuk teks. Keduanya memiliki daya tariknya masing-masing sebab untuk urusan gaya penulisan tentu orang-orang punya selera nya masing-masing.

Spesialis media sosial, zaman sekarang siapa yang tidak punya akun media sosial hampir semua orang punya. Bisnis online pun Kian menjamur dan iklan pun bergeser dari media televisi ke media sosial sehingga dibutuhkan seorang social media strategies untuk keperluan branding sekaligus mengiklankan suatu brand. Menjadi seorang social media strategies ternyata tidak mudah, social media strategies bertanggung jawab atas konten, mengadakan event, menganalisa feedback dari warganet, menciptakan identitas peran serta berinteraksi langsung dengan masyarakat. Seringkali social media strategies harus mengangkat sebagai customer service juga.

SEO Spesialis, Semua orang pasti pernah mencari informasi apapun melalui mesin pencari seperti Google Yahoo Bing dan sebagainya alhasil mesin pencari menjadi salah satu kantor pemasaran yang mustahil diabaikan di era digital ini. Inilah Mengapa profesi atau teks Search engine optimization specialists semakin banyak dibutuhkan saat ini terutama oleh perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan kanal digital seperti website. Nah peran spesialis SEO sangat diperlukan, spesialis bertugas mengoptimalisasi website sedemikian rupa sehingga website tersebut berada di halaman pertama Google.

Spesialis SEO harus bersaing dengan spesialis dari website lainnya selain itu seorang spesialis juga harus selalu update informasi mengenai algoritma Google yang terus-menerus diperbarui. Keahlian ini masih terbilang langka sehingga perusahaan banyak yang membayar cukup mahal untuk posisi ini,

Cyber security, Kalau kamu benar-benar memahami seluk beluk dunia internet dan berbagai celahnya Maka cyber security adalah bidang pekerjaan yang cocok. Banyak perusahaan teknologi yang membutuhkannya sebab ancaman pertahanan dan pembocoran data saat ini juga semakin bertambah. Selain kemampuan cyber security kamu juga harus bisa mengedukasi orang agar terhindar dari serangan cyber public.

Demikian peluang lifeskill yang harus kamu minati dan pelajari untuk mendapatkan peluang pekerjaan di era revolusi digital 4.0.

Facebook Comments