Beranda SUMATERA UTARA Labuhan Batu Forkopinca Panai Hilir Bahu Membahu Cegah Penyebaran Virus Corona (COVID-19)

Forkopinca Panai Hilir Bahu Membahu Cegah Penyebaran Virus Corona (COVID-19)

184

LABUHANBATU, Sei Berombang – Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopinca) Panai Hilir, menggelar rapat koordinasi yang kesekian kali dalam rangka penanganan pencegahan Virus Corona (COVID-19) bertempat di aula kantor Camat Panai Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Jumat (27/03).

Rapat tersebut dihadiri para Stakeholder Forkopinca Panai Hilir turut juga Kepala Puskesmas (Kapus) Kota Kelurahan Sei Berombang serta seluruh Kepala Desa Kecamatan Panai Hilir.

Dalam sambutannya, Camat Panai Hilir, Hadmansah menyampaikan pesan Himbauan Bupati Labuhanbatu, H. Andi Suhaimi, ST, MT yakni, penanganan antisipasi dini yang serius melalui daerah tingkat Lingkungan/Dusun, Kelurahan/Desa sampai ke Kecamatan.

“Berdasarkan hasil rapat kemarin, Kamis, (26/03) bersama Bapak Bupati, Kapolres, Dandim, serta para OPD Pemkab Labuhanbatu, tentang penanganan antisipasi dini pencegahan penularan Virus Corona (COVID-19) melalui tingkat Lingkungan/Dusun, yang pada intinya kita harus punya kesadaran diri sendiri untuk dapat mencegah dan mengantisipasi menularnya virus corona ini,” terangnya.

Namun kita juga memerintahkan kepada Kepling dan Kadus serta Kepala Desa untuk bekerjasama dalam penanganan Virus Corona (COVID-19) ini, salah satunya yaitu jika menemukan warga yang tidak dikenal datang keluar masuk kedaerahnya maka segera wajib lapor 2×24 jam paling lama ke tingkat desa atau kecamatan.

“masalah Virus ini harus ditangani dengan serius kita berharap semua pihak memiliki komitmen yang solid demi pencapaian hasil yang baik,” harap Hadmansyah.

MENARIK DIBACA:  Akses Perkembangan Virus Corona Via Whatsapp, Begini Caranya

Afrizal, S.KM selaku Kepala Puskesmas Kelurahan Kota Sei Berombang dalam kesempatannya menjelaskan Virus Corona (COVID-19) ini sangat berbahaya sekali, penyebaran Virus nya begitu cepat dan sangat sulit terdeteksi melalui manual, oleh karena itu kita harus bahu membahu secara bersama sama menangani dan mencegahnya.

“Batuk, flu dan filek mungkin biasa terjadi di lingkungan masyarakat kita, orang batuk dan filek belum tentu terjangkit Virus Corona, cara yang efektif yang bisa kita lakukan adalah menghindari keramaian, menjaga kebersihan diri di lingkungan masing-masing. Menjadi catatan utama untuk kita ketahui bersama adalah obat Virus corona (COVID-19) sampai detik ini belum dapat ditemukan”. beber Afrizal.

Selanjutnya, Kapolsek Panai Hilir, AKP Lumumba Siregar, SH, menghimbau kepada seluruh Kepala Desa yang hadir untuk melakukan pemantauan dan edukasi penyuluhan antisipasi penyebaran Virus Corona (COVID-19). Kapolsek menegaskan tidak ada yang namanya kerumunan massa dalam bentuk apapun. Maklumat Bapak Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, M.Si sudah sangat jelas dan harus kita dukung.

“Saya minta kepada seluruh Kepala Desa seyogyanya agar menyampaikan edukasi, sosialisasi dan peringatan kepada warganya secara mendidik bahwa kerumunan massa sangat rentan menularnya Virus Corona (COVID-19) tersebut demi memutus mata rantai antisipasi penyebaran Virus jahat ini”. Pinta Kapolsek

MENARIK DIBACA:  Ketua DPRD Labuhanbatu Serahkan Rekomendasi LKPJ Kepada Bupati Tahun Anggaran 2019

“Jika masih ada yang membandel, jangan coba-coba keluarkan rekomendasi izin keramaian. Misalnya, bazar, pasar malam, pameran dan bahkan pesta pernikahan sebelum keadaan kembali pulih seperti kondisi semula, kita harus bahu membahu. Kita siap menerima laporan Kamtibmas, Salus Populi Suprema Lex Esto “Keselamatan Rakyat merupakan hukum tertinggi”. jelas Kapolsek Panai Hilir, AKP Lumumba Siregar, S.H.

Danpos AL, Letda Laut (T) Wahid Nurhidayat, S.H, mengajak seluruh Kades untuk meningkatkan koordinasi, “Lurah, Kades, Kepling, Kadus dan Seluruh nya harus lebih meningkatkan koordinasi terkait antisipasi dini penyebaran Virus Corona (COVID-19) ini,” Pintanya.

Sementara Panglima TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. diteruskan ke KASAL, Pangkoarmada I, Danlantamal, Danlanal, sampai ke Danposal dalam pencegahan penularan Covid-19 yang pertama rajin cuci tangan, jaga pola Hidup Sehat, perbanyak makanan bernutrisi dan mengandung vitamin C, Hindari keramian dan jaga jarak interaksi sosial, Hindari kunjungan wilayah negara terinfeksi, dan Terus berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Selaku Danposal saya menerapkan untuk memyemprotkan Desinfektan setiap 3 hari sekali di Aturan Internal saya,” tukasnya.

Di akhir pertemuan, Tanjiluddin selaku Kades Sei Lumut yang hadir, mewakili para Kades kecamatan Panai Hilir menyampaikan akan secepatnya melakukan penyemprotan disinfektan di Desa nya.*

SINKAP.info | Laporan: Fs

 

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here