Beranda SUMATERA UTARA Labuhan Batu Puskesmas Sei Berombang Bahas Posyandu Hingga Sosialisasi Virus Corona

Puskesmas Sei Berombang Bahas Posyandu Hingga Sosialisasi Virus Corona

279

LABUHANBATU, Sinkap.infoKepala Puskesmas Sei Berombang melaksanakan Pembinaan Kader Posyandu dan sosialisasi Virus Corona di wilayah kerja Puskesmas Sei Berombang Kecamatan Panai Hilir. Acara tersebut di gelar di aula kantor Kepala Desa Wonosari, kamis (30/1) siang.

Turut hadir Camat Panai Hilir Hadmansah, Kepala Desa Wonosari Wagimun, dan ketua PKK Desa Mariana.

Dalam kesempatannya H. Afrizal, SKM menjelaskan tentang posyandu, sistem 5 meja, fungsi lima meja, laporan kegiatan posyandu, dan cara mengisi kartu KMS. Kemudian bagaiamana cara melihat keberhasilan dari Grafik Z Balok SKDN.

(S) semua balita diwilayah kerja posyandu.
(K) semua balita yang memiliki KMS.
(D) balita yang ditimbang.
(N) balita yang naik berat badannya.

MENARIK DIBACA:  Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda Panai Hilir Bantu Damaikan Pertikaian

Diempat yang sama, kepala desa Wonosari Wagimun berharap setelah dilakukannya kegiatan tersebut ibu – ibu desa wonosari tidak lagi malas membawa anaknya ke posyandu.

“Saya menghimbau kepada ibu-ibu untuk aktif melakukan pemeriksaan kesehatan anak, saya juga mendukung untuk membangun sarana dan prasana yang diperlukan posyandu kedepan,” kata Wagimun.

Setelah acara pembinaan kader posyandu selesai Kepala Puskesmas juga menjelaskan tentang Virus corona yang lagi ramai di perbincangkan dunia pada saat ini.

“Virus corona dapat menginfeksi hidung, sinus, dan tenggorokan bagian atas,” terangnya.

“Meski begitu, infeksi beberapa jenis virus corona bisa juga berdampak serius jika kita tidak cepat mengobatinya,” tambahnya.

Menurut Afrizal, gejala yang muncul itu seperti pilek, batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala, dan demam. Untuk demam, yang membedakannya dengan gejala penyakit lainnya adalah waktu serangan atau inkubasinya yang lebih lama, yaitu mencapai 14 hari, jika sudah mencapai 14 hari tidak ada perubahan segera datang ke puskesmas agar dapat dibantu penyembuhannya.

MENARIK DIBACA:  Bupati Labuhanbatu Hadiri Pembinaan Management dan Sosialisasi DMI

Untuk usaha pencegahan, kata Afrizal, kita harus mencuci tangan setiap hari pakai air bersih dan sabun, jika mengalami batuk atau pilek pakai masker, upayakan olah raga setiap minggu minimal 2 kali, jangan mengkonsumsi daging yang tidak dimasak dan hati hati kontak fisik dengan hewan seperti anjing dan kelelawar.(*)

Sinkap.info | Penulis: Faisal
Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here