Sen. Agu 26th, 2019

SINKAP

Suara Anak Bangsa

Jawaban Ustadz Abdul Somad Terkait Hukum Pegawai yang Bekerja di Bank Konvensional

Ustadz Abdul Somad

Sinkap – Ustadz Abdul Somad dalam tausiahnya ditanya secara tertulis oleh Jemaah yang di Rahmati Allah terkait “Bagaimana dengan pekerjaan sebagai Pegawai Bank Konvensional yang sudah lama bekerja, Apakah penghasilan yang diterima untuk menafkahi keluarga diberkahi Allah dan bagaimana dengan amal ibadah juga diterima oleh Allah?”

Almukarrom Ustadz Abdul Somad menjawab pertanyaan yang disampaikan, menurut beliau pertanyaan yang cukup berat untuk dijawab. Dalam tanya jawab tausiahnya Ustadz Abdul Somad menjawab berdasarkan jika pertanyaan tersebut diajukan kepada Ulama Arab Saudi maka Ulama Arab Saudi Menjawab HARAM dan RESIGN.

Sedangkan jika ditanyakan kepada ulama Mesir, salah satu yang menjadi rujukannya jawaban oleh Ulama Prof. Dr. Yusuf Al Qordowi maka memberikan penjelasan bagi pegawai Bank Konvensional untuk mencari terlebih dahulu peluang untuk pindah pekerjaan yang sesuai syariat dan Halal.

MENARIK DIBACA:  Al-Qur’an dan Sains Menjawab Kekeliruan Manusia: “Bulan Bercahaya dengan Sendirinya”

Sementara dalam waktu usaha mencari pekerjaan baru berlakulah hukum darurat untuk memilih Mudhorat yang lebih ringan. Qias penjelasan mudhorat lebih ringan seperti kondisi didalam hutan yang sulit mendapatkan makanan untuk bertahan hidup.

Pilihan mati jika tidak makan atau ditemukan hanya memakan babi untuk bertahan hidup namun jika setelah mendapati makanan lain seperti pisang yang dibolehkan oleh agama, maka tinggalkanlah makan babi tersebut dan jatuh hukum haram jika dia memakannya.

Maka Syekh Yusuf Al Qordowi menjelaskan berusahalah berhenti dari pekerjaan sebelumnya dan berpindahlah ke pekerjaan yang lebih diberkahi (halal). Adapun riwayat pekerjaan dan penghasilan yang telah berlalu maka dengan memperbaiki niat yang baik menuju keridhoan Allah SWT.

MENARIK DIBACA:  Kisah Inspiratif Jad, Mualaf Yahudi Masuk Islam dan MengIslamkan Jutaan Umat

InsyALLAH, Allah berikan pekerjaan yang layak serta memenuhi kebutuhan dan menjadikan kita sebagai hamba yang bersukur dengan kemajuan meningkatkan nilai ketaqwaan. Allahuwalam bi showab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »