Tamado Bekali Ratusan UMKM Pematangsiantar Go Digital

Pematangsiantar970 Dilihat

PEMATANGSIANTAR, SINKAP.info – Untuk mendukung para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) naik kelas, Tamado bekali pelaku UMKM yang ada di Kota Pematangsiantar sekitarnya dengan menggelar seminar dan workshop Go Digital di Gedung Menza Universitas HKBP Nommensen Kota Pematangsiantar, Sabtu (1/6).

“Seperti yang kita ketahui sekarang semua sudah serba digital, banyak pelaku UMKM yang sukses karena mengenal dunia digital, memanage profit dengan POS system dan membranding produk mereka di sosial media. Namun masih vanyak pelaku UMKM di kota Pematangsiantar yang belum tahu hal ini, untuk itulah mereka kita bekali dengan seminar dan workshop Pematangsiantar Go Digital dengan menggandeng Trans Digital Cemerlang dan POSKU lite,” kata Chairman Tamado Robby Butarbutar di Gedung Menza Kota Pematangsiantar.

Selain menggandeng Trans Digital Cemerlang dan POSKU lite, Tamado juga menggandeng Explore Siantar dan Tentang Siantar yang sudah punya nama untuk mensukseskan seminar dan workshop ini.

“Sebanyak 180 pelaku UMKM ikut serta dalam kegiatan ini. Kita berkolaborasi dengan beberapa sponsor Posku by TDC, Explore Siantar dan Tentang Siantar membuka ruang dan peluang bagi pelaku usaha untuk memanfaatkan era digitalisasi dalam mempromosikan usaha yang mereka miliki,” ujarnya.

Para pelaku UMKM yang mengikuti seminar dan workshop ini lanjut Robby sebenarnya bukanlah pemula di dalam dunia media sosial namun mereka belum paham mempergunakan prasarana media sosial untuk mempromosikan produk mereka.

Dikatakannya, mereka ini sebenarnya bukan pemula hanya saja belum paham menggunakan sarana dan prasarana sosial media untuk mempromosikan produk mereka.”

“Jadi terkesan arak-arakan. Makanya tadi kita arahkan bagaimana pola-polanya untuk mendapatkan targetnya seperti apa,” katanya.

Dia menambahkan ke depan para pelaku UMKM akan dibuatkan aplikasi market place khusus bagi para pelaku UMKM khusus yang ada di Kota Pematangsiantar.

“Memang untuk persaingan digital tingkat nasional otomatis kita kalah jauh. Tapi untuk skop lokal mungkin 1 atau 2 orang yang masih bisa menikmati bagaimana bersosial media,” katanya.

Perwakilan TDC dan POSKU lite Herbert Simamora mengutarakan pihaknya sebagai perusahaan agregator payment getaway sangat mendukung dan mengapresiasi seminar dan lokakarya Pematangsiantar Go Digital yang diinisiasi oleh Tamado yang sangat konsern sebagai pemerhati pariwisata, budaya dan UMKM di Pematangsiantar dan sekitarnya.

“Kami melihat para pelaku UMKM sangat antusias mengikuti arahan dan pencerahan dari moderator yang notabene sudah sangat berpengalaman di bidang digital marketing dengan memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan penjualan yang bermuara di peningkatan pendapatan para pelaku UMKM,” ujarnya.

“TDC saat ini memiliki produk yang sangat friendly untuk dipakai para pelaku UMKM seperti Posku Lite. Mereka akan mendapatkan benefit lebih dari Posku Lite dibanding produk lain yang sejenisnya,” tambahnya.

 SINKAP.info | Laporan: Ais

Komentar