Plt Bupati Serahkan LKPJ Bupati, Ellya Rosa Ucap Terimakasih

Labuhan Batu1037 Dilihat

LABUHANBATU, SINKAP.info – Plt. Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd., MM., memberikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Labuhanbatu T. A. 2023 pada Rapat Paripurna Pembahasan LKPJ Bupati Labuhanbatu, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Labuhanbatu, Kamis (02/05).

Mengawali penyampaian nota pengantarnya, Plt. Bupati menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri 1445 Hijriyah. Taqabbalallahu minna waminkum taqabbal ya karim, minal aidin wal faidzin, mohon ma’af lahir dan batin.

Semoga amal ibadah kita selama bulan Ramadan diterima oleh Allah SWT. Dalam suasana hikmat hari raya idulfitri ini, saya juga atas nama pribadi dan seluruh jajaran seluruh jajaran pemerintah kabupaten labuhanbatu menyampaikan permohonan maaf atas segala khilaf dan kesalahan yang disebabkan oleh kealpaan saya selaku pribadi manusia biasa, yang tidak luput dari salah dan lupa.

Semoga Allah menerima amal ibadah puasa kita, dan ibadah-ibadah lainnya di bulan Ramadhan, serta senantiasa melimpahkan rahmat dan ridho-nya kepada kita sekalian dalam bersama-sama membolo Labuhabatu untuk hari esok yang lebih baik lagi.

Plt. Bupati menjelaskan bahwa yang disajikan dalam laporan ini adalah pelaksanaan program dan kegiatan yang dilaksanakan pada APBD Tahun Anggaran 2023. Laporan pertanggungjawaban difokuskan pada penjelasan mengenai realisasi pencapaian kinerja output (keluaran), sedangkan laporan realisasi anggaran secara rinci akan disampaikan dalam laporan keuangan APBD Kabupaten Labuhanbatu tahun anggaran 2023, setelah dilakukan audit oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia.

Hasil yang dicapai mengenai pengelolaan pendapatan daerah, target dan realisasi pendapatan, sesuai dengan peraturan daerah kabupaten Labuhanbatu Nomor 3 Tahun 2023 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2023 Pendapatan daerah kabupaten labuhanbatu ditargetkan sebesar Rp 1.469.267.802.879,00 (satu triliun empat ratus enam puluh sembilah miliar dua ratus enam puluh tujuh juta delapan ratus dua ribu delapan ratus tujuh puluh sembilan rupiah) dan dari target tersebut dapat direalisasi sebesar Rp 1.418.202.377.931,48 (satu triliun empat ratus delapan belas miliar dua ratus dua juta tiga ratus tujuh puluh tujuh ribu sembilan ratus tiga puluh satu rupiah empat puluh delapan sen) atau sebesar 96,52 %. Pendapatan daerah terdiri dari pendapatan asli daerah, pendapatan transfer, dan lain-lain pendapatan daerah yang sah.

Plt. Bupati kemudian menjelaskan mengenai pengelolaan belanja daerah, tentang pengelolaan Pembiyaan Daerah, dan tentan penyelenggaraan tugas pembantuan dan penugasan pemberian tugas pembantuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan.

“Demikianlah penjelasan yang dapat kami sampaikan, kami ucapkan terima kasih atas segala perhatian saudara pimpinan dan seluruh anggota dewan yang terhormat serta para hadirin sekalian, kiranya Tuhan yang maha Esa tetap memberikan taufik dan hidayahnya kepada kita semua,” tutupnya.

Menanggapi laporan Plt. Bupati, H. Fauzi dari Fraksi Gerindra mewakili delapan fraksi DPRD Labuhanbatu menyarankan untuk membentuk panitia khusus untuk membahas LKPJ Tahun 2023 tersebut agar mendapatkan catatan dan rekomendasi.

Turut hadir pada Rapat Paripurna ini perwakilan Forkopimda Kabupaten Labuhanbatu, Para Asisten Kabupaten Labuhanbatu, Para Kepala OPD, Para Perwakilan OPD, Insan Pers dan tamu undangan lainnya.

SINKAP.info |Laporan: Faisal

Komentar